Sebutkan dua contoh kerjasama ASEAN dibidang pendidikan!

Sebutkan dua contoh kerjasama ASEAN dibidang pendidikan!

Jawaban :

Contoh kerjasama ASEAN dibidang pendidikan adalah :
-Penawaran beasiswa pendidikan oleh salah satu negara anggota ASEAN kepada negara lainnya. Sebagai contoh Indonesia menawarkan beasiswa program kedokteran, seni dan bahasa kepada negara lain anggota ASEAN.
-Penyelenggaraan olimpiade tingkat internasional di kawasan Asia Tenggara. Kegiatan ini misalnya pernah dilaksanakan oleh PERTAMINA dengan melakukan penyelenggaraan olimpiade sains nasional yang diikuti negara-negara di Kawasan Asia Tenggara.

Pembahasan :

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi yang dibentuk oleh negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN bertujuan menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil dan sejahtera. Kerja sama yang dibentuk mencakup bidang bidang ekonomi, pendidikan, politik dan keamanan serta sosial dan budaya.
Contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan misalnya sebagai berikut:
1. Penawaran beasiswa pendidikan oleh salah satu negara anggota ASEAN kepada negara lainnya. Sebagai contoh Indonesia menawarkan beasiswa program kedokteran, seni dan bahasa kepada negara lain anggota ASEAN.
2. Penyelenggaraan olimpiade tingkat internasional di kawasan Asia Tenggara. Kegiatan ini misalnya pernah dilaksanakan oleh PERTAMINA dengan melakukan penyelenggaraan olimpiade sains nasional yang diikuti negara-negara di Kawasan Asia Tenggara.
3. Konvensi dan pertemuan para guru antaranggota ASEAN untuk menyamakan mutu pendidikan. Kegiatan perkumpulan ini pernah dilakukan di Bali dan dihadiri oleh anggota ASEAN untuk membahas isu pendidikan dan mencari solusi yang terbaik.

Tinggalkan komentar