Apa kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis

Apa kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis…

Jawaban :

Kelebihan iklim muson tropis bagi masyarakat yaitu sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah dengan lahan yang cocok untuk pertanian, sedangkan kekurangannya yaitu adanya suhu yang relatif tinggi dan bencana alam.

Penjelasan :

Iklim muson tropis merupakan bagian dari daerah iklim tropis. Karakteristik iklim muson tropis yaitu curah hujan yang tinggi, kelembaban yang tinggi, dan suhu yang cenderung lebih tinggi dan panas. Beberapa kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis yaitu adanya sumber daya alam yang melimpah, keanekaragaman flora dan fauna, serta curah hujan dan intensitas penyinaran matahari yang tinggi sepanjang tahun dan tanah yang subur sehingga cocok untuk pertanian. Beberapa kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis yaitu sering mengalami suhu yang relatif tinggi dan terjadinya bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kelebihan iklim muson tropis bagi masyarakat yaitu sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah dengan lahan yang cocok untuk pertanian, sedangkan kekurangannya yaitu adanya suhu yang relatif tinggi dan bencana alam.

Tinggalkan komentar