Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, namun kemudian masing-masing dianggap sebagai sebuah benua. Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah

Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, namun kemudian masing-masing dianggap sebagai sebuah benua. Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah…

Jawaban :

Benua Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda karena terdapat perbedaan sifat sosial (budaya), iklim dan sektor perekonomiannya.

Penjelasan :

Benua Eropa dan Asia berada pada wilayah daratan yang sama (Eurasia), tetapi dikategorikan sebagai dua benua yang berbeda. Hal tersebut karena terdapat beberapa perbedaan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Sifat sosial (budaya) -> masyarakat Benua Eropa cenderung memiliki budaya dengan gaya hidup individualis, berbeda dengan masyarakat Benua Asia yang cenderung memiliki budaya kebersamaan.
2) Iklim -> Benua Eropa seluruh wilayahnya memiliki iklim sub-tropis, sedangkan Benua Asia dominan memiliki iklim tropis.
3) Sektor Ekonomi -> perekonomian di Benua Eropa lebih fokus pada sektor industri, sedangkan Benua Asia lebih fokus pada sektor perikanan, perkebunan, dan pertanian.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa alasan mengapa Benua Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda karena terdapat perbedaan sifat sosial (budaya), iklim dan sektor perekonomiannya.

Baca Juga :  Jelaskan bagaimana pengembangan pertanian yang dilakukan di Amerika serikat!