Sebutkan tumbuhan yang bisa dijadikan obat tradisional!

Sebutkan tumbuhan yang bisa dijadikan obat tradisional!

Jawaban:

Berikut beberapa tanaman yang dapat dijadikan obat.

(1) Jahe
Jahe juga terkenal dengan khasiatnya dalam membuat tubuh menjadi hangat, melancarkan sistem pernapasan, juga sistem pencernaan.

(2) Kunyit
Rahasia khasiat kunyit banyak dicari oleh orang adalah zat kurkumin yang banyak terkandung di dalamnya. Zat kurkumin sendiri dapat memberikan beragam manfaat hebat untuk tubuh yaitu berfungsi sebagai pelindung membran sel dan meningkatkan cara kerja sistem imunitas tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel yang rusak. Hal ini membuat kunyit dapat dijadikan salah satu bahan untuk menjaga kesehatan tubuh.

(3) Lengkuas
Lengkuas merupakan tanaman herbal yang dikenal memiliki kandungan galangin, flavonoid, dan beta sitosterol. Kandungan tersebut dipercaya dapat memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, jenis tanaman rempah ini pun mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, vitamin A dan C, karbohidrat, dan serat.

(4) Kencur
Kencur sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan, meningkatkan stamina tubuh, dan melancarkan haid. Tidak hanya itu, kencur juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti masuk angin, flu, diare, sakit kepala, batuk, serta peradangan lambung.

(5) Jeruk nipis
Identik sebagai sumber vitamin C, jeruk nipis dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengatasi masalah radikal bebas dalam tubuh yang mampu merusak sel dan menyebabkan kanker.

Tinggalkan komentar