Potensi ekonomi penduduk negara negara di asia tenggara adalah

Potensi ekonomi penduduk negara negara di asia tenggara adalah..

Jawaban :

Potensi ekonomi penduduk negara-negara di Asia Tenggara adalah sektor pertanian dan perkebunan.

Penjelasan :

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan persatuan bangsa-bangsa Asia Tenggara di bidang ekonomi dan geo-politik. Agar ASEAN menjadi pasar tunggal dan basis produksi, yang mana terjadi arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil yang bebas serta aliran modal yang lebih bebas, maka ASEAN membentuk MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dalam bidang ekonomi, tiap negara-negara ASEAN memiliki potensi, di antaranya adalah:
1. Indonesia. Komoditas ekspor utama Indonesia adalah minyak dan gas, aneka jenis barang tambang, dan berbagai hasil sumber daya alam untuk bahan mentah, seperti kayu, karet, dan lain sebagainya
2. Brunei Darussalam. Perekonomian Brunei didominasi oleh hasil minyak bumi dan gas.
3. Filipina. Negara ini sangat mengandalkan sektor agraris. Kendati demikian, potensi ekonominya tidak hanya dari hasil pertanian, tapi turut didukung oleh sektor industri dan peternakan.
4. Kamboja. Perekonomian Kamboja mengandalkan sektor pertanian dan industri.
5. Laos. Negara ini memiliki kegiatan ekonomi utama di sektor pertanian.
6. Malaysia. Malaysia mengandalkan perekonomian dari sektor pertanian, tambang, dan industri.
7. Myanmar. Myanmar merupakan negara pengekspor beras, kacang-kacangan, ikan dan udang, bahan mineral, kayu, karet, bartu perhiasan, hingga gas.
8. Singapura. Singapura banyak memperoleh pendapatan dari sektor pajak yang menjadi sumber pendapatan besar.
9. Thailand. Thailand mempunyai komoditas ekspor utama berupa beras dan karet, kelapa, tembakau, kapas, sutera, dan sebagainya.
10. Vietnam. Perekonomian Vietnam ditopang dengan kegiatan industri pengolahan, manufaktur, elektronik, dan pembangunan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa potensi ekonomi penduduk negara-negara di Asia Tenggara adalah sektor pertanian dan perkebunan.

Baca Juga :  Jarak antara kota Nganjuk-Surabaya pada suatu peta adalah 5 cm. Jarak sebenarnya antara kota tersebut tersebut adalah 100 km. Berapakah skala peta tersebut?