5 masalah dan solusi maritim

5 masalah dan solusi maritim…

Jawaban :

Terdapat beberapa masalah maritim dan solusi dari masalah tersebut yah.

Penjelasan :

Negara maritim adalah negara yang bergerak pada sektor perairan luas. Indonesia termasuk negara maritim karena wilayah perairannya yang lebih luas dibandingkan daratannya. Namun, dalam maritim Indonesia memiliki beberapa masalah, di antaranya sebagai berikut:
1. Sumber Daya Manusia. Hal ini berkaitan dengan pengurus masalah kelautan dan perikanan Indonesia yang masih belum bisa mengelolanya dengan optimal. Solusinya adalah harus menyiapakan SMK untuk membentuk nelayan tangguh.
2. Masalah kedua adalah anjloknya harga komoditas udang dan ikan. Solusi dari masalah tersebut adalah pemerintah daerah dapat membeli produk perikanan lokal.
3. Penguasaan teknologi kelautan dan perikanan yang masih minim. Solusinya, seharusnya Indonesia tidak hanya bisa memanfaatkan teknologi dari luar tetapi juga bisa mengembangkannya sendiri.
4. Masalah keempat adalah turunnya ekspor komoditas perikanan. Solusinya adalah pemerintah melakukan komunikasi dengan perusahaan kargo untuk bisa mengurangi tarif dan layanan kargo.
5. Masalah kelima atau terakhir adalah terkait insentif pajak untuk industri kelautan dan perikanan. Solusinya, pemerintah memperluas cakupan insentif pajak dengan memasukkan aktivitas industri kelautan dan perikanan melalui Peraturan Menteri Keuangan No 23 Tahun 2020

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 masalah maritim beserta solusi untuk masalahnya.

Baca Juga :  Garis Border pada peta bertujuan untuk