Sebutkan dampak interaksi negara di bidang ekonomi politik sosial budaya pendidikan dan mobilitas penduduk

Sebutkan dampak interaksi negara di bidang ekonomi politik sosial budaya pendidikan dan mobilitas penduduk…

Jawaban :

Dampak interaksi negara di bidang ekonomi adalah terjalinnya perdagangan untuk melengkapi kebutuhan barang atau jasa satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara. Dampak pada bidang politik adalah masuknya pengaruh politik dari negara lain dan memengaruhi kebijakan luar negri suatu negara. Dampak pada bidang sosial budaya adalah masuknya budaya asing dan kebiasaan sosial dari negara lain. Dampak pada bidang pendidikan adalah masuknya pengetahuan, ilmu, dan teknologi dari negara luar, dan terjalinnya kerja sama pendidikan seperti pertukaran pelajar. Dampak terhadap mobilitas penduduk adalah semakin mudahnya perpindahan penduduk antarnegara karena sudah terjalin kerja sama sebelumnya.

Penjelasan :

Interaksi negara merupakan hubungan timbal balik yang terjalin di antara dua negara atau lebih. Interaksi negara ini dapat menimbulkan dampak pada berbagai bidang kehidupan, karena setiap negara saling memberi pengaruh.

Jadi, dampak interaksi negara di bidang ekonomi adalah terjalinnya perdagangan untuk melengkapi kebutuhan barang atau jasa satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara. Dampak pada bidang politik adalah masuknya pengaruh politik dari negara lain dan memengaruhi kebijakan luar negri suatu negara. Dampak pada bidang sosial budaya adalah masuknya budaya asing dan kebiasaan sosial dari negara lain. Dampak pada bidang pendidikan adalah masuknya pengetahuan, ilmu, dan teknologi dari negara luar, dan terjalinnya kerja sama pendidikan seperti pertukaran pelajar. Dampak terhadap mobilitas penduduk adalah semakin mudahnya perpindahan penduduk antarnegara karena sudah terjalin kerja sama sebelumnya.

Baca Juga :  Negara Asia Tenggara yang wilayahnya tidak memiliki laut adalah