Sebutkan bentuk kerjasama nyata Asean dalam mengatasi kebakaran hutan di Indonesia

Sebutkan bentuk kerjasama nyata Asean dalam mengatasi kebakaran hutan di Indonesia…

Jawaban dan Penjelasan :

Indonesia sering mengalami kebakaran hutan. Peristiwa tersebut menyebabkan permasalahan kabut asap yang mencemari negara tetangga (transboundary haze pollution), seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.
Pada 1985, negara ASEAN mulai mengatasi kebakaran hutan dengan membentuk ASEAN Agreement on the Conversation of Nature and Natural Resources.
Mulai 1990, ASEAN mengadakan beberapa perjanjian yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan kabut asap yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perjanjian tersebut, antara lain pembentukan ASEAN Haze Technical Task Force (AHTTF), Sub Regional Fire Fighting Arrangements, ASEAN Regional Haze Action Plan (ARHAP), dan ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution (AATHP) yang telah ditandatangani oleh negara ASEAN pada Juni 2002, dan telah berlaku sejak 25 November 2003.
Selain itu, negara ASEAN menyepakati kerangka kerja sama yang dikenal dengan Strategic Plan of Action on Environment 1999 – 2004 (SPAE 1999 – 2004) yang disepakati pada tahun 1997 dan 1998. Tujuan dari SPAE 1999 – 2004 adalah untuk menanggulangi polusi kabut asap yang memasuki lintas batas negara sebagai dampak kebakaran hutan yang terjadi di negara anggota ASEAN dan di wilayah Asia Tenggara.

Jadi, contoh bentuk kerja sama nyata ASEAN dalam mengatasi kebakaran hutan di Indonesia adalah dengan membuat beberapa perjanjian dan kerangka kerja yang bertujuan untuk menanggulangi polusi kabut asap yang memasuki lintas batas negara sebagai dampak kebakaran hutan.

Baca Juga :  Konversi lahan pertanian menjadi lahan industri banyak terjadi di negara-negara