Membandingkan kondisi alam Jepang, Amerika serikat, Inggris, Australia, dan mesir?

Membandingkan kondisi alam Jepang, Amerika serikat, Inggris, Australia, dan mesir?

Jawaban :

Kondisi alam Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Mesir berbeda-beda.

Penjelasan :

1. Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di timur laut pantai Benua Asia. Jepang merupakan bagian dari cincin api (ring of fire) yang terdiri atas banyak gunungapi. Jepang juga dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana gempa bumi yang disebabkan oleh letak Jepang yang berada pada daerah perbatasan antara lempeng Benua Asia dan lempeng samudera Pasifik.

2. Amerika Serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky di bagian barat dan Pegunungan Appalachia di bagian timur. Diantara kudua pegunungan tersebut terdapat dataran luas yang disebut Great Plains Lakes dan dialiri oleh Sungai Missisipi.

3. Inggris merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, sehingga memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah. Relief wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah di bagian utara dan barat bergunung-gunung, memiliki batuan lebih tua dan bagian timur dan selatan adalah dataran rendah yang bergelombang, memiliki batuan lebih muda.

4. Australia merupakan negara dengan 4 iklim, yaitu tropis, subtropis, sedang, dan iklim padang pasir. Sebagian pedalaman Australia memiliki curah hujan yang sangat rendah, sehingga terdapat gurun atau padang pasir yang sangat luas. Wilayah Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan, bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi.

5. Mesir merupakan negara yang memiliki iklim subtropis dan gurun dengan dua musim utama yaitu musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang ringan. Sebagian besar wilayah Mesir merupakan gumuk pasir yang terletak pada wilayah yang rendah.

Baca Juga :  Jelaskan dan gambarkan macam-macam simbol yang ada pada peta

Jadi, kondisi alam Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Mesir berbeda-beda.