Meskipun didominasi oleh wilayah gurun, sektor pertanian Mesir cukup maju. Hal tersebut karena

Meskipun didominasi oleh wilayah gurun, sektor pertanian Mesir cukup maju. Hal tersebut karena …
a. Mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur
b. Mesir memiliki iklim tropis yang banyak curah hujan
c. ditunjang oleh mekanisasi pertanian yang canggih
d. memiliki modal yang besar

Jawaban :

A. Mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur

Penjelasan :

Sektor pertanian di Mesir cukup maju dikarenakan wilayah mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur.

Mesir merupakan suatu negara yang berada di gurun pasir. Mesir terletak di antara 22° LU – 32° dan 24° BT – 38° BT. Mesir terletak di Afrika bagian utara. Mesir memiliki luas wilayah sekitar 1,5 juta km ². Negara mesir memiliki iklim tropis di wilayah selatan dan memiliki wilayah subtropis di bagian utara. Hujan akan turun di wilayah mesir pada bulan november sampai bulan April dan musim kemarau akan terjadi pada bulan Mei sampai bulan Oktober. Mesir di sebagian wilayahnya terdapat sektor pertanian. Sektor pertanian yang dimiliki oleh mesir sangat maju. Hal ini dikarenakan mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur. Kondisi tanah juga sangat baik dan subur. Tumbuhan yang ada di wilayah mesir yaitu kaktus, kurma, pohon akasia, dan lain lain.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur.

Tinggalkan komentar