Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapiti daratan luas Asia dan Australia yaitu

Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapiti daratan luas Asia dan Australia yaitu…

a. iklim tropis dan iklim musim
b. iklim tropis dan iklim laut
c. iklim laut dan iklim hutan hujan
d. iklim kemarau dan iklim musim penghujan

Jawaban :

A. iklim tropis dan iklim musim

Penjelasan :

Pengaruh letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa atau gari ekuator menjadikan sebagian besar negara ASEAN memiliki iklim tropis, dimana iklim tropis disebabkan letak garis khatulistiwa yang ditandai adanya curah hujan tinggi dan sinar matahari sepanjang tahun.

Kemudian akibat letak negara-negara ASEAN yang diapit dua benua yaitu daratan benua Asia dan benua Australia menjadikan sebagian besar wilayah Asia Tenggara memiliki iklim iklim musim atau biasa disebut iklim muson. Iklim musim merupakan iklim yang disebabkan angin muson tropis. Angin muson tropis sendiri adalah angin yang bergerak dengan arah yang berubah setiap 6 bulan, nah perubahan arah angin muson inilah yang menyebabkan pergantian musim hujan dan musim kemarau di wilayah Asia Tenggara.

Jadi iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapit daratan luas Asia dan Australia yaitu iklim tropis dan iklim musim.

Baca Juga :  Ibukota negara arab saudi adalah