Siapa penemu listrik?

Siapa penemu listrik?

Jawaban:

Penemu listrik statis pertama kali adalah Thales ilmuan asal Yunani. Thales menemukan adanya listrik statis melalui pengamatan dari gosokan batu ambar dan bulu kucing yang ternyata dapat menarik rumput kering. Fenomena listrik statis dari Thales itu menjadi tenar pada awal tahun 1700-an. Orang-orang pada saat itu menggunakan listrik statis sebagai hiburan, yaitu nge-prank dan orang-orang mulai menggosokkan batang kaca pada kain wol dan menyentuh siapapun agar terkejut.

Pada tahun 1931 Faraday mulai melakukan eksperimen, salah satu yang terkemuka adalah tentang penemuan fenomena elektromagnetik. Lewat baterai, Faraday mengamati bahwa dengan lilitan tembaga yang terhubung pada baterai ternyata menyebabkan medan magnet. Kemudian, Faraday memiliki hipotesis, jika listrik bisa menghasilkan magnet, maka magnet juga bisa menghasilkan listrik.
Faraday pun menggunakan lilitan tembaga tersebut untuk menyelubungi magnet, ternyata ada sebuah aliran listrik yang terjadi selama magnet bergerak. Alhasil, Faraday berkesimpulan jika magnet bergerak dalam lilitan tembaga tertutup akan menghasilkan arus listrik. Dari eksperimen inilah Faraday menemukan adanya induksi elektromagnetik.

Baca Juga :  Sebutkan 3 hewan yang bisa merusak padi!