Benua identik dengan daratan yang luas. beberapa negara benua asia berada di daratan yang terpisah dengan daratan utama, contohnya jepang, indonesia, dan filipina. mengapa ketiga negara tersebut termasuk benua asia?

Benua identik dengan daratan yang luas. beberapa negara benua asia berada di daratan yang terpisah dengan daratan utama, contohnya jepang, indonesia, dan filipina. Mengapa ketiga negara tersebut termasuk benua asia?

Jawaban :

Berdasarkan Teori Apungan Benua yang dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener, sekitar 225 juta tahun lalu hanya terdapat satu benua, yaitu Pangea. Kemudian, Pangea pecah menjadi Laurasia dan Gondwana. Kedua benua tersebut pecah lagi menjadi beberapa benua seperti saat ini. Laurasia pecah menjadi Amerika Utara, Eropa, dan Asia (kecuali semenanjung India) dan Gondwana pecah menjadi Afrika, Arab, India, Australia, dan Antartika. Perpecahan benua-benua tersebut disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng tektonik akibat arus konveksi di astenosfer Bumi. Jepang, Indonesia, dan Filipina adalah negara-negara yang dahulunya bagian dari daratan Asia. Karena adanya pergerakan lempeng yang terus-menerus terjadi, akhirnya ketiga negara tersebut terpisah dari daratan Asia.

Jadi, Jepang, Indonesia, dan Filipina termasuk Benua Asia karena dahulu menjadi satu dengan daratan Asia.

Tinggalkan komentar