Iklim flora dan fauna yang ada di benua Amerika

Iklim flora dan fauna yang ada di benua Amerika…

Jawaban :

Jadi iklim yang adalah di Benua Amerika adalah iklim kutub, iklim, tropis, dan iklim gurun. Flora yang tersebar adalah padang rumput, gurun, savana, dan tundra, fauna yang tersebar adalah serigala, rusa kutub, bison, beruang, rakun, elang, berang-berang, jaguar, ilama, alpaca, burung toucans, armandilo, guinea pig.

Penjelasan :

Benua Amerika merupakan benua yang terbesar kedua, setelah Benua Asia. Letak astronomis Benua Ameria adalah 55ºLS – 83ºLU dan 170ºBT – 35ºBB, yang menyebabkan terdapat keunikan Benua Amerika secara fisik jika di bandingkan dengan benua lainnya.

Benua Amerika memiliki tiga iklim yang beragam berdasaerkan letak setiap kawasannya, yaitu :
1. Iklim kutub yang memiliki ciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini dipengaruhi oleh daerah paling utara Benua Amerika. Ciri empat musim ini adalah musim dingin, semi, pana, dan gugur.
2. Iklim tropis adalah ciri curha hujan dan kelembapan yang tinggi, serta suhu yang panas seppanjang tahun.
3. Iklim gurun adlaah iklim yang memiliki ciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat dan memiliki curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan yang berada di balik pegunungan.

Ragam flora dan fauna menjadi salah satu keunikan Benua Amerika dan persebaran flora fauna dapat di sebabkan oleh faktor iklim dan aktivitas manusia. Kawasan Amerika Utara merupakan daerah yang cenderung lembab dan didominasi oleh hutan yang menutupi hampir dua pertiga Amerika Utara dan sisianya di tutupi oleh padang rumput, gurun dan tundra. Fauna yang tersebar serigala, rusa kutub, bison, beruang, rakun, elang, berang-berang. Kawasan Amerika Selatan memiliki flora padang rumput yang terdiri dari savana dan pampas. fauna yang tersebar disini adalah jaguar, ilama, alpaca, burung toucans, armandilo, guinea pig.

Maka iklim yang adalah di Benua Amerika adalah iklim kutub, iklim, tropis, dan iklim gurun. Flora yang tersebar adalah padang rumput, gurun, savana, dan tundra, fauna yang tersebar adalah serigala, rusa kutub, bison, beruang, rakun, elang, berang-berang, jaguar, ilama, alpaca, burung toucans, armandilo, guinea pig.

Tinggalkan komentar