Contoh sendi gerak pada sendi peluru adalah?

Contoh sendi gerak pada sendi peluru adalah?

Jawaban:

Contoh sendi peluru adalah sendi yang terdapat pada hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.

Sendi merupakan penghubung antartulang sehingga tulang bisa dengan mudah digerakkan. Seperti yang kita ketahui, tulang bersifat keras dan kaku sehingga tidak dapat bergerak sesuka hati. Oleh karena itu, tulang dinamakan alat gerak pasif dan memerlukan sendi agar dapat membengkok dan bergerak dengan baik.

Berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang bisa dilakukan, sendi dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

1. Sinartrosis (Sendi Mati)
Sinartrosis adalah sendi yang tidak bisa digerkkan. Itulah sebabnya sinartrosis biasa disebut sendi mati. Contohnya adalah sendi yang terletak di antara tulang tengkorak.

2. Amfiartrosis
Amfiartrosis adalah sendi yang bisa digerakkan namun sangat terbatas. Contoh amfiartrosis terletak pada sambungan ruas-ruas tulang belakang dan sambungan antara tulang rusuk dan tulang dada.

3. Diartrosis
Diartrosis adalah sendi yang bisa digerakkan secara bebas. Berdasarkan jenis gerakannya, diartrosis dibagi menjadi 5 macam sendi, yaitu sebagai berikut :

a. Sendi Geser
Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh: sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

b. Sendi Engsel
Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Contoh sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.

c. Sendi Putar
Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Sendi ini yang membuat kepala manusia bisa berputar menoleh ke kiri dan kanan. Contoh sendi putar: sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak.

d. Sendi Peluru
Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Salah satu tulangnya berbentuk mirip bola dan tulang lainnya seperti mangkuk. Contohnya pada hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.

e. Sendi Pelana
Sendi pelana adalah sendi yang mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Sendi pelana bisa ditemukan di tulang pangkal ibu jari.

Tinggalkan komentar