Jelaskan perbedaan dan kondisi geografis yang dimiliki oleh negara Indonesia dan Malaysia!

Jelaskan perbedaan dan kondisi geografis yang dimiliki oleh negara Indonesia dan Malaysia!

Jawaban :

Kondisi geografis Indonesia dan Malasysia mempengaruhi faktor kekayaan alam, keadaan ekonomi.

Penjelasan :

Letak geografis wilayah Indonesia berada pada posisi yang strategis yang disebut dengan posisi silang negara Indonesia. Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia.

Letak wilayah Indonesia secara geografis tentu memberi efek dan akibat tertentu. Pengaruh letak geografis Indonesia ini berdampak pada beberapa sektor mulai dari ekonomi, politik, keadaan alam dan sosial budaya. Berikut beberapa akibat dan pengaruh terhadap kondisi geografis Indonesia.

Pengaruh letak geografis yang dimiliki oleh Indonesia:
1. Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan.
2. Indonesia memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan di Indonesia.
3. Letak wilayah yang berada pada posisi silang menyebabkan Indonesia banyak mempunyai kerjasama perekenomian dengan negara-negara berkembang.
4. Lalu lintas perdagangan dan pelayaran di Indonesia cukup ramai, sehingga menunjang perdagangan di Indonesia dan menambah sumber devisa negara.
5. Karena Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia maka dapat dijadikan sebagai daya tarik kerjasama antar negara bersama dengan negara-negara ASEAN.

Malaysia terletak di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Secara geografis, letak Malaysia dibagi menjadi dua bagian, yakni wilayah Semenanjung Malaysia yang ada di sebelah selatan Thailand dan sebelah utara Singapura serta wilayah Malaysia Timur yang ada di bagian utara pulau Kalimantan (Borneo).

Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh perairan Laut China Selatan. Wilayah Semenanjung Malaysia berbatasan dengan negara Thailand, Singapura, dan Indonesia. Sementara wilayah Malaysia Barat memiliki batas darat dengan negara Brunei Darussalam dan Indonesia.

Letak Malaysia secara geografis menimbulkan beberapa dampak dan pengaruh pada iklim, ekonomi, dan kondisi geografis. Berikut merupakan pengaruh letak geografis negara Malaysia:
1. Letak Malaysia yang dekat dengan garis khatulistiwa membuat tanahnya subur untuk sektor pertanian.
2. Selain pertanian, lahan pertambangan juga banyak dijumpai di wilayah Malaysia.
3. Negara Malaysia menjadi salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia.
4. Kenanekaragaman hayati dan persebaran flora fauna di Malaysia begitu bervariasi karena posisi geografisnya.
5. Malaysia beriklim tropis dengan pengaruh angin musim. Hal ini juga disebabkan karena posisinya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.
6. Letak Malaysia yang dekat dengan perairan strategis seperti Selat Malaka dan Laut China Selatan membuatnya dilewati jalur perdagangan internasional.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …