Mengapa Benua Asia menjadi pecah? Jelaskan!

Mengapa Benua Asia menjadi pecah? Jelaskan!

Jawaban :

Jadi yang mempengaruhi perpecahannya benua adalah adanya tekanan yang terus menerus, kekuatan luar biasa dari gaya tektonik di sepanjang batas lempeng, dan keretakan di kerak bumi yang menipis dan merenggang.

Penjelasan :

Perpecahan Pangea dimulai sekitar 200 juta tahun yang lalu ketika beberapa komponen pembentuk Pangea (laurasia dan Gondwana) mulai bergerak dan saling menjauhi. Dengan pergerakan Laurasia menuju belahan bumi utara dan Gondwana ke belahan bumi selatan. Pergerakan Pangea di akibatkan dari pergerakan lempeng tektonik bumi dan konveksi mantel yang disebabkan oleh lepasnya panas dan interior bumi yang mendorong pergerakkan lempeng-lempeng tektonik.

Daerah dimana Pangea mulai terpecah, lautan baru terbentuk ketika Pantalassa bergerak ke daerah yang baru di buka. Lautan baru pertama adalah Atlantik tengah dan selatan. Sekitar 180 juta tahun yang lalu samudra Atlantik tengah terbentuk anatara Amerika Utara dan Afrika Barat laut. Samudra Hindia adalah yang berikutnya terbentuk ketika India terpisah dari Antartika dan Australia dan sekitar 80 juta tahun yang lalau Amerika Utara dan Eropa terpisah, Australia dan Antartika terpisah dan India dan Madagaskar terpisah.

Penyebab terpisahnya benua di dunia, yaitu :
1. Kekuatan luar biasa, gaya tektonik kolosal terjadi di sepanjang batas lempeng. Hal ini terjadi ketika ada dua benua atau lebih yang bertabrakan, seperti ketika afrika bertabrakan dengan Eurasia membentuk pegunungan Alpen.
2. Keretakan di kerak bumi, ketika kerak bumi menipis dan merenggang, perubahan kerak biasanya tidak terlihat dari pandangan manusia, karena terjadi dengan cepat dan tertutupi oleh sedimen yang terkandung dalam bumi.
3. Tekanan, Tekanan yang terjadi secara terus menerus di bumi, memungkinkan untuk mengeksplorasi pola-pola regional gempa bumi dan vulkanisme.

Maka terjadinya perpecahan benua disebabkan oleh benua-benua itu bergerak menuju khatulistiwa dan ke bagian barat. terbentuknya daratan Gondwana yaitu benua yang terbentuk ketika Pangea pecah. Mula-mula yang memisahlan diri adalah wilayah kutub selatan dan Australia, kemudian daratan Amerika dan Afrika, akhinya Greenland serta Eropa.

Tinggalkan komentar