Mengidentifikasi bentangan alam Brunai Darussalam

Mengidentifikasi bentangan alam Brunai Darussalam
Sungai
Bukit
Iklim
Teluk

Jawaban :

Brunei terdiri atas pada dua wilayah yang terpisah, yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa.

Penjelasan :

Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 4 LU hingga 5 LU dan 144 BT hingga 115 BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut Brunei Darussalam mempunyai iklim tropis yang panas, lembap, dan basah akibat curah hujan tinggi. Brunei Darussalam hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah, namun makin ke pedalaman daerahnya berbukit-bukit, dan Brunei Darussalam bagian timur lebih tinggi dari pada bagian barat. Puncak tertinggi di Brunei Darussalam adalah bukit Pagon dengan ketinggian kira-kira 1.850 m yang terletak di ujung selatan daerah Temburong. Wilayah Brunei Darussalam bagian barat terdapat sungai utama, yaitu Sungai Belait, Sungai Tutong, dan Sungai Brunei. Sedang di bagian timur terdapat Sungai Temburong. Sungai Belait merupakan sungai terpanjang di Brunei Darussalam. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa, pantai bagian utara Brunei merupakan daerah dataran yang relatif luas dan di wilayah ini terdapat Teluk Brunei.

Maka bisa disimpulkan bahwa, Brunei terdiri atas pada dua wilayah yang terpisah, yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa.

Tinggalkan komentar