Bunga diuntungkan oleh lebah ketika diisap madunya karena?

Bunga diuntungkan oleh lebah ketika diisap madunya karena?

Jawaban:

Bunga diuntungkan oleh lebah ketika dihisap madunya karena bunga tersebut akan dibantu proses penyerbukannya oleh lebah.

Pembahasan:

Hubungan antara interaksi bunga dengan lebah termasuk ke dalam jenis simbiosis mutualisme.

Simbiosis merupakan salah satu pola interaksi organisme yang merupakan interaksi antara dua organisme dengan jenis yang berbeda.

Simbiosis dapat terjadi karena suatu organisme tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut dengan simbion. Interaksi yang terjadi pada simbiosis tersebut dapat bersifat saling menguntungkan, merugikan yang lainnya, ataupun tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Berdasarkan sifat dari interaksi tersebut, simbiosis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Simbiosis mutualisme merupakan simbiosis yang terjadi saat kedua makhluk hidup saling diuntungkan satu sama lain.

Contoh dari simbiosis mutualisme yang sifatnya saling menguntungkan yaitu interaksi antara lebah madu dengan tanaman yang dihinggapi. Lebah madu diuntungkan karena dapat memperoleh nektar yang dihasilkan oleh bunga dari tanaman tersebut, tanaman yang dihinggapi oleh lebah madu tersebut juga diuntungkan karena proses penyerbukannya terbantu oleh kehadiran lebah madu yang bisa membawa serbuk sari ke tanaman lainnya.

Tinggalkan komentar