Ada berapa jenis lingkungan dan jelaskan!

Ada berapa jenis lingkungan dan jelaskan!

Jawaban:

Jenis-jenis lingkungan yaitu lingkungan biotik dan abiotik.

Makhluk hidup memerlukan lingkungan untuk tempat hidupnya. Namun, tidak semua lingkungan dapat dijadikan tempat hidup. Tempat yang tepat dijadikan makhluk hidup untuk melakukan aktivitas hidupnya disebut dengan habitat. Lingkungan dan habitat adalah dua hal yang berbeda. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat disekitar makhluk hidup dan berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup tersebut. Lingkungan terdiri dari :
1. Lingkungan biotik, yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar kita dalam bentuk makhluk hidup, contohnya manusia, hewan dan tumbuhan.
2. Lingkungan abiotik, yaitu segala sesuatu yang ada disekitar kita yang bukan merupakan makhluk hidup seperti sinar matahari, air, udara, tanah, atau gedung.

Lingkungan biotik dan abiotik akan memengaruhi keberlangsungan hidup makhluk hidup. Sedangkan habitat adalah tempat yang tepat bagi makhluk hidup untuk melakukan segala aktivitasnya. Dengan mengetahui habitat makhluk hidup, kita akan lebih mudah menemukan makhluk hidup tersebut. Contohnya habitat ikan paus di laut dan habitat cacing tanah di tanah.

Tinggalkan komentar