Mengapa hewan langkah dilindungi?

Mengapa hewan langkah dilindungi?

Jawaban:

Hewan langka harus dilindungi karena jika sampai punah maka akan membahayakan keseimbangan ekosistem.

Hewan dan tumbuhan yang terancam punah akan membahayakan keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, hewan dan tumbuhan yang terancam punah perlu dilindungi. Berikut ini adalah beberapa tempat untuk melindungi hewan dan tumbuhan yang terancam punah :

1. Suaka marga

satwa Suaka margasatwa adalah wilayah yang digunakan untuk melindungi, merawat, dan mengembangbiakkan hewan-hewan yang sudah terancam punah. Contohnya adalah Suaka Marga Satwa Gunung Tambora Selatan untuk melindungi burung camar, burung beo, dan kakak tua jambul kuning.

2. Cagar alam

Cagar alam adalah wilayah yang di dalamnya ada tumbuhan, hewan, atau ekosistem yang khas. Sesuatu yang ada di cagar alam akan dibiarkan berkembang secara alami. Supaya tidak terganggu oleh manusia, cagar alam biasanya dilindungi secara ketat. Untuk dapat masuk ke cagar alam, kita harus memiliki surat izin khusus terlebih dahulu. Contoh cagar alam di Indonesia adalah Cagar Alam Kawah Ijen Banyuwangi untuk melindungi elang jawa dan beberapa jenis tanaman langka.

3. Kebun binatang

Kebun binatang adalah tempat memelihara berbagai jenis hewan dengan tujuan perlindungan, pembiakkan, penelitian dan sebagai sarana rekreasi. Di dalam kebun binatang, banyak dipelihara berbagai jenis hewan langka seperti harimau, burung-burung yang unik, ular, dan lain-lain. Berbeda dengan suaka marga satwa dan cagar alam, hewan-hewan di kebun binatang memiliki pawang yang bertugas untuk membersihkan, memberi makan, dan merawat. Contoh kebun binatang adalah Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta. 4. Taman Nasional Taman nasional mirip dengan cagar alam. Di dalam kawasan ini ada tumbuhan, hewan, atau ekosistem yang khas. Bedanya, taman nasional masih boleh dikunjungi untuk tujuan penelitian, pendidikan, rekreasi, dan pariwisata. Contohnya adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Sebelum hewan dan tumbuhan terancam punah, tentunya kita harus menjaga mereka agar jumlahnya tidak langka. Beberapa upayanya antara lain tidak melakukan perburuan liar, tidak melakukan penebangan hutan secara liar, dan tidak merusak ekosistem.

Tinggalkan komentar