Apa penyebab terganggunya siklus air?

Apa penyebab terganggunya siklus air?

Jawaban:

Penyebab terjadinya siklus air antara lain penggundulan hutan dan pembuangan limbah ke sungai.

SIklus air merupakan perputaran air yang ada di bumi dan terjadi menurut tahap-tahap tertentu. Siklus air terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:
1. Evaporasi : penguapan air laut, rawa, danau, samudra dan lain-lain.
2. Transpirasi : penguapan pada jaringan makhluk hidup melalui proses respirasi (pernapasan).
3. Kondensasi : proses berubahnya uap air menjadi partikel es akibat suhu udara yang rendah sehingga membentuk awan yang tebal.
4. Adveksi : proses perpindahan awan secara horizontal dari satu lokasi ke lokasi lainnya disebabkan karena tekanan udara atau angin.
5. Presipitasi : proses pencairan awan hitam menjadi air yang disebut hujan.
6. Run Off (Limpasan) : proses mengalirnya air hujan ke sungai, samudra, danau dan saluran air lainnya.
7. Infiltrasi : proses penyerapan air ke dalam tanah.

Siklus air dapat terganggu karena beberapa faktor antara lain penggundulan hutan dan pembuangan limbah ke sungai. Penggundulan hutan menyebabkan tahap infiltrasi terganggu. Hal ini disebabkan oleh habisnya pohon yang seharusnya dapat membantu air untuk terserap ke dalam tanah. Jika tidak ada pohon, tanah akan tandus dan tidak dapat menyimpan air. Akibatnya dapat terjadi tanah longsor dan banjir.

Selain penggundulan hutan, pembuangan limbah ke sungai juga dapat mengganggu siklus air. Hal ini terjadi karena ikan-ikan di sungai bahkan di laut akan banyak yang mati. Akibatnya, pernapasan makhluk hidup yang berperan dalam tahap transpirasi akan berkurang.

Tinggalkan komentar