Tuliskan 2 hikmah perilaku suka berinfaq!

Tuliskan 2 hikmah perilaku suka berinfaq!

Jawaban:

1. Pahala dilipatgandakan oleh Allah
2. Dianggap sebagai golongan orang yang beruntung
3. Menyempurnakan ibadah

Pembahasan:

Infaq adalah mengeluarkan harta dengan suka rela yang di lakukan seseorang. Allah memberi kebebasan kepada pemiliknya untuk menentukan jenis harta, berapa jumlah yang sebaiknya diserahkan, setiap kali ia memperoleh rizki, sebanyak yang ia kehendakinya.

Dalil mengenai anjuran untuk berinfak ini tertera dalam :
1. Alquran surah Al-Baqarah ayat 267.
“Hai orang-orang yang beriman, berinfaklah [di jalan Allah] sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (Al-Baqarah [2] 267).
2. Alquran surah Al Baqarah ayat 261.
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”
3. Alquran surah At-Tagabun ayat 16.
“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung,” (At-Tagabun [64]: 16).
4. Alquran surah Al Imran ayat 92.
“Kebajikan atau ibadah yang kamu kerjakan tidak akan sempurna jika kamu tidak berinfaq dan bersedekah”

Oleh karena itu hikmah dari perilaku suka berinfaq adalah dilipatgandakan pahala oleh Allah, dianggap sebagai golongan orang yang beruntung, serta menyempurnakan ibadah. Seseroang yang mengerluarkan hartanya untuk infaq merupakan salah satu bentuk implementasi dari sikap syukur seseorang kepada Allah.

Tinggalkan komentar