5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan – Selama ini, mungkin sebagian orang beranggapan bahwa puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani untuk memenuhi tuntutan agama atau hanya tradisi semata.

Akan tetapi, di balik puasa ternyata tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, puasa juga kerap dilakukan sebagai salah satu metode untuk diet yang disebut puasa interminten.

Perubahan Tubuh Saat Puasa

Ketika sedang puasa, tubuh akan mengalami perubahan sesuai dengan lama waktu dari berpuasa. Untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, tubuh memerlukan sekitar 6–8 jam. Berarti, tubuh mampu berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu.

Oleh karena itulah, penting untuk memakan makanan yang bergizi ketika sahur sebelum menjalani puasa.

Ketika kondisi normal, sumber energi utama pada tubuh yaitu gula yang diperoleh dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, asupan gula ini akan digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Selain gula, jaringan lemak juga dapat diolah menjadi sumber energi.

Apabila sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, maka tubuh akan membakar protein otot yang nantinya akan menghasilkan energi. Fase terakhir ini disebut dengan fase kelaparan. Tetapi, hal ini akan terjadi jika seseorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka.

Oleh karena itu, sangat penting untuk makan makanan yang bergizi ketika sahur sebelum menjalani puasa dari terbit sampai tenggelamnya matahari. Kalian juga harus memerhatikan kecukupan cairan untuk mencegah dehidrasi atau kurangnya cairan selama berpuasa. Konsumsilah air putih pada saat berbuka dan sahur.

Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi teh untuk membantu menghidrasi tubuh. Salah satu penelitian telah menyebutkan bahwa jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, salah satu jenis teh, seperti teh hitam mempunyai efek hidrasi yang hampir sama dengan air putih.

Beragam Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Berikut inilah beragam manfaat puasa bagi kesehatan:

  1. Menurunkan berat badan

Tentunya manfaat puasa yang satu ini sudah cukup banyak diketahui. Selain itu, puasa juga baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh akan ikut meningkat. Hal ini dapat  menurunkan berat badan. Dengan begitu, tentunya kalian juga akan terhindar dari risiko obesitas.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa riset telah menunjukkan bahwa orang yang rutin berpuasa selama sekitar 1 bulan akan terlihat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, kolestetrol tinggi, dan juga tekanan darah tinggi, jika dibandingkan dengan orang yang tidak menjalani puasa.

Ini dikarenakan orang yang berpuasa dapat mengatur pola makannya dengan lebih sehat. Selama berpuasa, biasanya beberapa orang akan merubah pola makannya menjadi lebih sehat, termasuk juga dengan mengurangi makanan yang tinggi lemak. Tak hanya itu, ada juga yang mungkin rutin untuk mengonsumsi teh. Teh diketahui mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Dengan mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung flavonoid, seperti contohnya teh diyakini bisa mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), menurunkan risiko terkena diabetes, dan juga membantu melancarkan peredaran darah.

  1. Mengurangi risiko terkena diabetes

Salah satu manfaat dari berpuasa juga untuk menurunkan risiko diabetes. Hal ini berkaitan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan juga meningkatkan kinerja insulin, yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah.

Selain itu, ada juga riset yang menyebutkan bahwa puasa dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Tentunya hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes pada orang yang berpuasa.

  1. Mengurangi risiko munculnya kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa itu bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Pasalnya, selama berpuasa, laju dari pembelahan sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kanker, akan berkurang akibat terbatasnya asupan nutrisi.

Selain itu, metabolisme yang lebih baik juga diduga ikut berperan dalam membuat sel kanker lebih susah tumbuh pada orang yang sedang berpuasa. Meskipun begitu, manfaat dari puasa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Ingat! Untuk mencegah kanker, kalian juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup yang sehat, contohnya seperti mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengurangi stres, dan juga tidak merokok dan menjauhi minuman yang beralkohol.

  1. Menjaga kesehatan mental

Selain baik bagi kesehatan fisik, ternyata puasa juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Pasalnya, puasa dapat membantu menurunkan kadar dari hormon stres atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Diduga hal ini berkaitan dengan efek puasa yang bisa untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain itu, puasa juga akan membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Tentunya hal ini dapat membuat perasaan dan juga suasana batin menjadi lebih tenang, sehingga pikiran akan jadi lebih jernih.

 

 

Tinggalkan komentar