Sebutkan tiga makna persatuan dan kesatuan!

Sebutkan tiga makna persatuan dan kesatuan!

Jawaban :

(1) persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi;

(2) persatuan dan kesatuan menjalin rasa kemanusiaan, sikap saling toleransi, serta keharmonisan untuk hidup berdampingan;

(3) persatuan dan kesatuan menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar sesama, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

Pembahasan :

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia.

Ada tiga makna penting dalam persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Tiga makna penting tersebut, yakni:

1. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi
2. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa kemanusiaan, sikap saling toleransi, serta keharmonisan untuk hidup berdampingan
3. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar sesama, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

Jadi, tiga makna persatuan dan kesatuan, yakni (1) persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi; (2) persatuan dan kesatuan menjalin rasa kemanusiaan, sikap saling toleransi, serta keharmonisan untuk hidup berdampingan; (3) persatuan dan kesatuan menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar sesama, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

Tinggalkan komentar