Apa yang terjadi jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara?

Apa yang terjadi jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara?

Jawaban :

Warga negara akan mendapatkan sanksi atau hukuman, warga negara tidak bisa mendapatkan hak yang seharunya didapatkannya, berbagai urusan yang berhubungan dengan negara menjadi tidak bisa dipenuhi oleh negara, ada berbagai kegiatan yang menjadi terbengkalai, dan memengaruhi tanggung jawab dan hak orang-orang di sekitarnya, terutama jika tanggung jawab itu berhubungan dengan tanggung jawab kelompok.

Pembahasan :

Tanggung jawab merupakan kesadaran yang dimiliki manusia mengenai tingkah laku maupun perbuatan baik, yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Tanggung jawab harus dimiliki setiap orang, karena jika ada satu pihak yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya, maka hal ini akan merugikan pihak lain.

Sebagai seorang warga negara, maka ada berbagai tanggung jawab yang dimilikinya. Misalnya tanggung jawab untuk membayar pajak, tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan tanggung jawab untuk menjaga nama baik negara.

Berikut merupakan hal yang akan terjadi kalau warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya:
1. Warga negara akan mendapatkan sanksi atau hukuman.
2. Warga negara tidak bisa mendapatkan hak yang seharunya didapatkannya.
3. Berbagai urusan yang berhubungan dengan negara menjadi tidak bisa dipenuhi oleh negara.
4. Ada berbagai kegiatan yang menjadi terbengkalai.
5. Memengaruhi tanggung jawab dan hak orang-orang di sekitarnya, terutama jika tanggung jawab itu berhubungan dengan tanggung jawab kelompok.

Dengan demikian, yang terjadi jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya adalah warga negara akan mendapatkan sanksi atau hukuman, warga negara tidak bisa mendapatkan hak yang seharunya didapatkannya, berbagai urusan yang berhubungan dengan negara menjadi tidak bisa dipenuhi oleh negara, ada berbagai kegiatan yang menjadi terbengkalai, dan memengaruhi tanggung jawab dan hak orang-orang di sekitarnya, terutama jika tanggung jawab itu berhubungan dengan tanggung jawab kelompok.

Tinggalkan komentar