Cara Membuat Volume Power Amplifier Menggunakan LPF

Cara Membuat Volume Power Amplifier Menggunakan LPF

Cara Membuat Volume Power Amplifier Menggunakan LPF – Topik utama kita kali ini adalah tentang LPF khusus ampli yang digunakan khusus unutk bass saja. Yaitu dengan membuat volume amplifier menggunakan system low pass filter sederhana.

Rangkaian LPF sederhana akan meredam frekuensi yang tinggi sehingga sinyal yang mauk ke input amplifier hanya nada low saja. Sehingga penguatan bass lebih efektif ketika diolah oleh amplifier. Ini sangat efektif untuk amplifier khususs suara bass atau subwofer.

Power amplifier dengan daya kecil sangat cocok menggunakan sistem ini dengan lebih baik. Misalnya satu speaker wofer menangani satu amplifier khusus seperti pada amplifier speaker aktif GMC dan sejenisnya. Tapi menggunakan amplifier tipe 300 500 watt juga bisa menempatkan sistem LPF sederhana untuk penguatan nada low yang lebih efektif.

Cara Membuat Volume Power Amplifier Menggunakan LPF

Ragkaian sederhana yang sangat mudah gunakan terutama bagi pemula yang ingin memperoleh satu keluaran output amplifier khusus nada bass.

Rangkaian ini hampir mirip LPF Crosover pasif, sebab tidak menggunakan komponen aktif.

Bahan yang digunakan yakni dua buah potensio meter berukuran 100k dan kapasitor 2a104j, komponen ini sangat mudah didapatkan dipasaran.

Pada bagian potensio yang diberi kapasitor merupakan adjuster frekuensi yang akan difileter. Nada tribel akan semakin berkurang atau normal (sesuai dengan sinyal aslinya) bila diataur dipotensio tersebut.

Potensio tersebut merupakan sejenis selector, sedangakan potensio volume utama merupakan yang mengatur besaran input yang masuk ke power amplifier.

Kelemahan rangkaian ini adalah pengeluaran sinyal akan semakin berkurang sehingga membutuhkan input penguat sinyal audio lebih besar, misal dari tone control. Hal semacam ini juga bisa diterapkan disebuah tone control yang memiliki over dinada mid sehingga suara menjadi pecah dan suara akan mejadi lebih rendah ketika LPF bekerja.

Sistem volume amplifier yang dilengkapi LPF sangat cocok dengan yang tidak ingin suara mid higtnya lebih menguasai. Artinya bisa meredam setiap nada mid yang keluar hingga hight yang over tiap kali nada bass belum singkron antara mid dan hight. Dan ini bisa merubah karakteristik pada sebuah power amplifier.

Kamu juga bisa mengubah bagian capasitor dengan menggunakan 224j supaya suara yang dihasilkan menjadi semakin rendah.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas bagikan tentang Cara Merancang Volume Power Amplifier Menggunakan LPF, jika info kami bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.