Cara Menghubungkan Tv ke Speaker Aktif

Cara Menghubungkan Tv ke Speaker Aktif

Cara Menghubungkan Tv ke Speaker Aktif – Banyak hal didunia ini yang tidak paham malah langsung praktek, makanya diperlukan referensi sebagai acuan agar tidak terjadi kesalahan.

Dintara kerusakan pada perangkat elektronik penyebabnya adalah kesalahan instalasi, contohnya adalah saat menghubungkan tv LED ke speaker aktif.

Bila salah ketika menghubungkan jek bisa berakibat fatal, karena hal ini sering saya dengar dari pelanggan yang mengeluhkan kerusakan pada tv karena disambung ke speaker aktif.

Karena tv memiliki banyak macam dan tipe maka kita harus paham dulu tentang fitur pada sebuah tv.

Apakah tv tersebut menyediakan output audio yang bisa dihubungkan ke perangkat portable audio lain, atau hanya menyediakan input AV saja sebagai fitur instalasi dengan perangkat lain.

Dari sini kita bisa pahami melalui keterangan di buku manual atau dilihat dari bentuk fisik dari perangkat tersebut.

Cara Menghubungkan Tv ke Speaker Aktif

Apabila menyediakan output audio berarti tv bisa dihubungkan dengan speaker aktif, tapi jika tidak ada outputnya ada dua kemungkinan supaya bisa dihubungkan ke speaker aktif yaitu :

  1. Bila menggunkan receiver sebagai input maka output dari receiver bisa dihubungkan ke input speaker aktif, dengan konsekwensi speaker tv tidak berfungsi, namun gambar tetap muncul.
  2. Bila sumber input berasal dari antena maka tv tidak bisa dihubungkan ke speaker aktif. Kekurangan semacam ini bisanya dimiliki oleh tv CRT atau tabung.

Sebenarnya ada yang saya ingin tekankan pada artikel ini adalah jangan sampai salah dalam instalasi jek, terutama di bagian input speaker aktif, ada beberapa fitur soket pada speaker aktif diantaranya soket RCA yang diperuntukan untuk out ke speaker pasanganya. Bila salah pada soket tersebut otomatis bisa merusak IC audio di dalam televisi atau receiver dan DVD.

Baca dan pahami secara lebih detil tentang fungsi dari masing masing soket sebelum instalasi dari apa nantinya malah rusak.

Soket merah dan putih bisanya diperuntukan bagi audio. Soket kuning digunakan untuk input video.

Speaker aktif terdapat dua warna soket yaitu warna merah dan putih, sedangkan warna hitam biasanya untuk out speaker. Tapi harus teliti sekali lagi tentang keterangan yang tertera pada masing masing soket siapa tau dulu pernah diservis namun diganti dengan soket asli oleh teknisi.

Hubungkan sesuai waran soket dan jek RCA.

Bila dari receiver juga sama yaitu soket merah putih sebagai output audionya.

Jangan lupa bahwa dari tv output audio soket warna merah dan putih sesuai dengan keterangan yang tertulis pada soket, sedangkan warna kuning tidak digunakan.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang Cara Menghubungkan Tv ke Speaker Aktif, jika informasi yang kami bagikan bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.