persamaan Transistor C945 NPN

Persamaan Transistor C945 (NPN)

Persamaan Transistor C945 (NPN) – Transistor C945 bisa dibilang komponen yang serbaguna, bisa kita lihat transistor ini selalu menjadi bagian terpenting pada berbagai kemampuan termasuk blok power suplay SMPS atai pada penguatan audio.

Oleh sebab itu ketika memutuskan untuk mencari pengganti transistor C945 ini jarang dilakukan karena biasanya sudah memiliki banyak persediaan.

Namun ketika kamu mengalami kehabisan persediaan transistor C945, kamu bisa menggunakan beberapa penggantinya. Untuk mengetahuinya kita bisa melihat data site dari keterangan fitur yang dimiliki oleh transistor C945 sebagai berikut :

  • Hanya tersedia dalam Paket To 92
  • Transistor polaritas NPN
  • Tegangan Collector Base (VCB0) yaitu 60V
  • Penguatan Saat Ini (hFE) adalah 70 sampai 700 (linieritas tinggi)
  • Continuous Collector current (IC) yaitu 150mA
  • Tegangan Collector-Emitter (VCEO) yaitu 50 V.
  • Tegangan Basis Emitor (VBE0) yaitu 5V
  • Frekuensi Transisi yaitu 150MHz

Pasangan PNP 

A733

Persamaan Transistor C945 (NPN)

KSC945C, BC546, 2SC1815

Catatan : C945 merupakan transistor NPN asal Jepang dan karenanya pin out akan dalam urutan Emitter, Collector, dan Base. Tapi untuk transistor Eropa seperti BC546 urutannya yaitu Emitter, Base dan Collector. Biasanya selama penggantian seperti itu, tabung akan susut dan panas saat digunakan untuk melewati pin Basis dan Kolektor tanpa menyentuhnya.

Tentang transistor 2SC945

C945 merupakan transistor NPN frekuensi audio Bipolar Jepang kuno. Dengan memiliki nilai keuntungan yang layak (hfe) maks 700 dan sangat linier. Oleh sebab itu banyak digunakan pada aplikasi penguat untuk tujuan pra penguatan pada sirkuit frekuensi tinggi. Ini juga digunakan seperti osilator dengan transistor PNP A733 komplementer.

Ketika digunakan sebagai sakelar dapat dengan mudah dikendalikan oleh MCU atau MPU karena hanya memiliki tegangan basis 5V. Ini dapat mengalihkan beban sampai 50V namun hanya memiliki peringkat arus kolektor yang sangat rendah sekitar 150mA sehingga transistor ini bukan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai sakelar. Alternatif yang lebih baik untuk berpindah aplikasi yaitu transistor 2N2222 .

Tapi transistor ini sudah usang dan sudah tidak tersedia jika kamu berada di negara negara Asia atau Eropa. Dalam hal ini kamu dapat mencoba transistor 2N3904 dari semi konduktor ON, tetapi ingat untuk menangani pin out seperti yang disebutkan pada bagian catatan di atas.

Akhir Kata

Demikian info yang kami sampaikan tentang Pengganti Transistor C945, jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.