Apa saja jenis hak warga negara dan contoh perwujudannya?

Apa saja jenis hak warga negara dan contoh perwujudannya?

Jawaban :

Agama, politik, hukum, kepemerintahan, ekonomi, sosial budaya, dan pemerintahan pertahanan.

Penjelasan :

Dalam menjadi warga negara, ada beberapa hak yang harus dipenuhi. Secara umum hak warga negara terbagi menjadi 6, yaitu menyangkut agama; politik, hukum, kepemerintahan; ekonomi; sosial budaya; dan pemerintahan pertahanan. Berikut pendeskripsiannya serta contoh perwujudannya.

1. Agama
Hak kebebasan memeluk agama serta hak kebebasan dalam beribadah. Contoh perwujudannya yaitu dengan adanya banyak bangunan – bangunan peribadatan di Indonesia seperti masjid, gereja, pura, dsb guna menunjang hak kebebasan memeluk agama serta hak kebebasan dalam beribadah.

2. Politik, hukum, dan pemerintahan
Hak warga negara untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam pemerintah. Contoh perwujudannya yaitu semua kalangan masyarakat mampu mencalonkan dirinya guna menjadi kepala desa, camat, bupati, dpr, dprd, dsb.

3. Ekonomi
Hak fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Contoh perwujudannya yaitu dengan pembentukan KOMNAS HAM guna menghilangkan eksploitasi terhadap anak – anak terlantar, serta mengurangi fakir miskin.

4. Sosial Budaya
Hak setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Contoh perwujudannya yaitu pemerintah menggalakan program wajib belajar 9 tahun dengan cara memberikan subsidi minimal sebesar 20% yang diambil dari APBN

5. Pemerintahan dan pertahanan
Hak setiap warga negara dalam mendapatkan rasa aman dan keamanan dari aparatur negara. Contoh perwujudannya yaitu dengan dibentuknya badan – badan negara seperti kepolisian dan TNI guna menjaga negara serta memberikan keamanan bagi para warganya.

Dengan demikian, jenis hak warga negara terbagi menjadi 6 yaitu menyangkut agama; politik, hukum, kepemerintahan; ekonomi; sosial budaya; dan pemerintahan pertahanan.

Tinggalkan komentar