Peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!

Peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!

Jawaban :

Berdirinya organisasi Budi Utomo karena lahirnya Budi Utomo dianggap sebagai awal dari munculnya semangat nasionalisme bangsa Indonesia, dimana segenap komponen bangsa mulai menyadari perasaan sebangsa dan senasib sehingga pola perjuangan yang awal kedaerahan kemudian terpadu demi untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Penjelasan :

Latar belakang penetapan Hari Kebangkitan Nasional adalah bangsa Indonesia butuh pemersatu pada masa awal kemerdekaan. Bung Karno menilai berdirinya organisasi Budi Utomo sebagai awal dari kebangkitan bangsa Indonesia melawan para penjajah. Budi Utomo ini sendiri didirikan pada 20 Mei tahun 1908. Hingga saat ini Indonesia merayakan 20 Mei setiap tahunnya sebagai Hari Kebangkitan Nasional.
Alasan mengapa tanggal pendirian Budi Utomo dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional adalah karena dalam babakan sejarah, lahirnya Budi Utomo dianggap sebagai awal dari munculnya semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Oleh sebab itu disebut dengan gerakan Kebangkitan Nasional dimana segenap komponen bangsa mulai menyadari perasaan sebangsa dan senasib sehingga pola perjuangan yang awal kedaerahan kemudian terpadu demi untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah berdirinya organisasi Budi Utomo karena lahirnya Budi Utomo dianggap sebagai awal dari munculnya semangat nasionalisme bangsa Indonesia, dimana segenap komponen bangsa mulai menyadari perasaan sebangsa dan senasib sehingga pola perjuangan yang awal kedaerahan kemudian terpadu demi untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Tinggalkan komentar