Paling terkenal pada masa pemerintah kolonial Belanda di Indonesia? 

Paling terkenal pada masa pemerintah kolonial Belanda di Indonesia?

Jawaban :

Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, Van den Bosh.

Penjelasan :

Tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di Indonesia adalah Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, Van den Bosh.
1. Cornelis de Houtman.
Pada 1596, Cornelis de Houtman berhasil mendarat di Banten. Sikap Belanda yang kurang ramah dan berusaha memonopoli perdagangan di Banten membuat Sultan Banten saat itu marah. Akibatnya, ekspedisi ini terbilang gagal.
2. Herman Willem Daendels.
Kerajaan Belanda dipimpin Louis Napoleon, yang merupakan adik Napoleon Bonaparte, mengangkat Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels pada tahun 1808 untuk mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris. Tugas lainnya adalah memperbaiki nasib rakyat selaras dengan cita-cita Revolusi Prancis. Sisi negatif pemerintahan Daendels adalah membiarkan terus praktik perbudakan serta hubungan dengan raja-raja di Jawa yang buruk, sehingga menimbulkan banyak perlawanan. Daendels ditarik ke Eropa, lalu digantikan Gubernur Jenderal Janssens pada tahun 1811.
3. Janssens.
Gubernur Jenderal Janssens adalah pengganti gubernur Daendels pada tahun 1811. Masa pemerintahannya tidak lama, karena pasukan Inggris datang menyerang. Janssens dan pasukannya menyerah dengan ditandatanganinya Perjanjian Tuntang, sehingga selanjutnya Nusantara berada di bawah kekuasaan Inggris.
4. Van den Bosch.
Van den Bosch memberlakukan sistem tanam paksa (cultuur stelsel) sejak tahun 1830. Penerapan cultuur stelsel banyak mengalami penyimpangan, seperti waktu tanam yang melebihi usia tanam padi, tanah yang seharusnya bebas pajak tetap kena pajak, hingga rakyat harus menyediakan sampai setengah tanahnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, Van den Bosh.

Tinggalkan komentar