Landasan koperasi adalah sila-sila dalam Pancasila. Jelaskan makna pertanyaan tersebut!

Landasan koperasi adalah sila-sila dalam Pancasila. Jelaskan makna pertanyaan tersebut!

Jawaban :

Artinya yaitu dimana kelima sila dari Pancasila tersebut harus dijadikan dasar dalam kehidupan koperasi di Indonesia. Dasar idiil ini harus diamalkan oleh seluruh anggota maupun pengurus koperasi karena pancasila disamping merupakan dasar negara juga sebagai falsafah hidup bangsa dan negara Indonesia.

Soal menanyakan tentang landasan koperasi adalah sila-sila dalam Pancasila. Jelaskan makna pertanyaan tersebut.

Penjelasan :

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi mempunyai 3 landasan yaitu : landasan Idiil adalah pancasila, landasan konstitusional adalah UUD 1945 dan landasan Operasional adalah UUD perkoperasian Indonesia.

Landasan idiil koperasi Indonesia adalah Pancasila. Dimana kelima sila dari Pancasila tersebut harus dijadikan dasar dalam kehidupan koperasi di Indonesia. Dasar idiil ini harus diamalkan oleh seluruh anggota maupun pengurus koperasi karena pancasila disamping merupakan dasar negara juga sebagai falsafah hidup bangsa dan negara Indonesia.

Dengan demikian, landasan koperasi adalah sila-sila dalam Pancasila. Jelaskan makna pertanyaan tersebut >> artinya yaitu dimana kelima sila dari Pancasila tersebut harus dijadikan dasar dalam kehidupan koperasi di Indonesia. Dasar idiil ini harus diamalkan oleh seluruh anggota maupun pengurus koperasi karena pancasila disamping merupakan dasar negara juga sebagai falsafah hidup bangsa dan negara Indonesia.

Tinggalkan komentar