Apakah tujuan diselenggarakannya konferensi Asia Afrika?

Apakah tujuan diselenggarakannya konferensi Asia Afrika?

Jawaban :

Mempererat solidaritas negara-negara di Asia dan Afrika, mewujudkan kerja sama antar negara Asia dan Afrika, dan Memperbesar peranan Asia-Afrika dalam dunia sekarang dan ikut serta mengusahakan perdamaian dunia.

Penjelasan :

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika merupakan sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. Tujuan KAA di selenggarakannya yaitu untuk mempererat solidaritas negara-negara di Asia dan Afrika, mewujudkan kerja sama antar negara Asia dan Afrika, dan Memperbesar peranan Asia-Afrika dalam dunia sekarang dan ikut serta mengusahakan perdamaian dunia. Keuntungan KAA dibandung bagi Indonesia untuk memperoleh dukungan merebut Irian Barat dari Kolonial, dan persetujuan dwikewarganegaraan antara Indonesia dan RRC. Konferensi Asia Afrika ditutup dengan menghasilkan beberapa keputusan dalam bentuk Dasasila Bandung yaitu:
1. Menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara.
2. Tidak campur tangan di dalam urusan dalam negeri negara lain.
3. Menghormati hak-hak asasi manusia dan menghormati tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB.
4. Meningkatkan kepentingan dan kerja sama bersama.

Jadi, tujuan diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika yaitu untuk mempererat solidaritas negara-negara di Asia dan Afrika, mewujudkan kerja sama antar negara Asia dan Afrika, dan Memperbesar peranan Asia-Afrika dalam dunia sekarang dan ikut serta mengusahakan perdamaian dunia.

Tinggalkan komentar