Pertempuran heroik terjadi di Semarang dalam mendukung proklamasi kemerdekaan. Pertempuran itu telah membuat gugur ribuan pemuda pejuang, pertempuran tersebut berlangsung selama

Pertempuran heroik terjadi di Semarang dalam mendukung proklamasi kemerdekaan. Pertempuran itu telah membuat gugur ribuan pemuda pejuang, pertempuran tersebut berlangsung selama ….
a. 5 hari
b. 1 bulan
c. 7 hari
d. 10 hari

Jawaban :

a. 5 hari.

Pembahasan :

Pertempuran Lima Hari Semarang adalah serangkaian peristiwa pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Jepang di Semarang. Pertempuran Lima Hari Semarang berlangsung sejak 15 hingga 19 Oktober 1945. Terjadinya pertempuran Lima Hari Semarang sendiri disebabkan oleh dua hal, yaitu larinya tentara Jepang dan tewasnya dr Kariadi.

Pertempuran Lima Hari Semarang berhasil diakhiri setelah Kasman Singodimedjo dan Mr Sartono yang mewakili Indonesia berunding dengan Komandan Tentara Jepang Letkol Nomura. Keduanya berunding untuk mengupayakan gencatan senjata. Selain itu, ada juga dari pihak Sekutu yang ikut berunding, yaitu Jenderal Bethel. Pihak Sekutu kemudian melucuti seluruh persenjataan Jepang tanggal 20 Oktober 1945. Dengan dilucutinya senjata Jepang, maka peristiwa Pertempuran Lima Hari Semarang resmi berakhir. Peristiwa Pertempuran Lima Hari Semarang dikenang dengan pembangunan Tugu Muda di Simpang Lima, Kota Semarang.

Jadi, jawaban yang sesuai pertanyaan di atas adalah a. 5 hari.

Tinggalkan komentar