Penjelasan, tokoh, sikap yang dapat di Teladani dari pertempuran Ambarawa

Penjelasan, tokoh, sikap yang dapat di Teladani dari pertempuran Ambarawa…

Jawaban :

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah, sebagai berikut:
– Pertempuran Ambarawa atau disebut juga Palagan Ambarawa adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat Indonesia terhadap sekutu atau Inggris dan Belanda yang terjadi di Ambarawa, sebelah selatan Semarang Jawa Tengah. Pertempuran Ambarawa dilatarbelakangi oleh kedatangan Sekutu dan NICA setelah kekalahan Jepang dan dideklarasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia.
– Tokoh dalam pertempuran Ambarawa diantaranya adalah Letnan Kolonel Isdiman, Kolonel Soedirman, M. Sarbini, dan Brigadir Bethel.
– Ada beberapa hal yang patut diteladani dari tokoh Jenderal Sudirman tersebut, yaitu:
1. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan.
2. Selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya.
3. Membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara meskipun dalam keadaan sakit dan lemah.

Penjelasan :

Pertempuran Ambarawa atau disebut juga Palagan Ambarawa adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat Indonesia terhadap sekutu atau Inggris dan Belanda yang terjadi di Ambarawa, sebelah selatan Semarang Jawa Tengah. Pertempuran Ambarawa dilatarbelakangi oleh kedatangan Sekutu dan NICA setelah kekalahan Jepang dan dideklarasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam kedatangannya tersebut, Sekutu berjanji untuk tidak mengganggu Kemerdekaan RI. Pihak Sekutu mengirimkan pasukannya ke Ambarawa untuk mengurus dan merehabilitasi tawanan perang.
Kedatangan tentara Sekutu yang disambut baik karena dianggap menghargai Kemerdekaan RI dan hanya mengurus rehabilitasi tawanan perang ternyata bekerja sama dengan Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Bukannya mengurus tawanan perang, Sekutu malah membebaskan dan mempersenjatai tawanan perang tersebut. Hal ini membuat pertempuran antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan dan tentara Sekutu pada 26 Oktober 1945 di Magelang.
Tokoh dalam pertempuran Ambarawa diantaranya adalah Letnan Kolonel Isdiman, Kolonel Soedirman, M. Sarbini, dan Brigadir Bethel. Letnan Kolonel Isdiman merupakan pasukan yang bertugas dalam mengatur siasat pertempuran dan akhirnya gugur dalam pertempuran Ambarawa. Kemudian Kolonel Soedirmanlah yang menggantikannya dan dengan menggunakan taktik taktik supit urang, tentara sekutu akhirnya mundur ke Semarang. M. Sarbini merupakan Pemimpin TKR khusus resimen dari Magelang, sementara Brigadir Bethel merupakan pemimpin dari tentara Inggris.
Ada beberapa hal yang patut diteladani dari tokoh Jenderal Sudirman tersebut, yaitu:
1. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan.
2. Selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya.
3. Membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara meskipun dalam keadaan sakit dan lemah.

Baca Juga :  Sebutkan sifat yang dibutuhkan pada saat sedang bermusyawarah