Sebutkan nama nama neraka!

Sebutkan nama nama neraka!

Jawaban:

Islam mengenal ganjaran akan perbuatan yang dilakukan di dunia. Jika manusia berbuat buruk di dunia, maka balasannya akan buruk juga. Dalam Islam, neraka merupakan tempat yang menjadi ganjaran bagi mereka yang amal buruknya (dosa dan kesalahan) lebih berat daripada amal baiknya.

Berikut ini nama-nama neraka:
1. Neraka jahanam
Neraka jahannam adalah tempat kembali bagi mereka yang melakukan dosa besar. Neraka dengan tingkat paling tinggi ini dikatakan memiliki dasar sangat dalam, dengan keadaan yang gelap dan hitam.
2. Neraka lazha
Lazha dijelaskan sebagai neraka dengan api yang berkobar hebat dan menyala-nyala. Neraka tingkat kedua ini disiapkan bagi yang tidak mengikuti ajaran Rasulullah dan enggan bersedekah.
3. Neraka huthamah
Sesuai namanya, penghuni neraka huthamah akan mengalami kehancuran. Jenis penghuni neraka ini aalah orang yang suka mengumpat dan mencela, enggan bersedekah, dan perhitungan cenderung pelit.
4. Neraka sa’ir
Sa’ir berasal dari kata sin, ‘ayn, dan ra’ yang artinya sesuatu yang menyala dan berkobar-kobar. Neraka ini adalah peringatan Allah SWT untuk manusia yang tidak bayar zakat, atau membayar namun lebih sedikit dari yang seharusnya.
5. Neraka saqar
Dalam firmanNya Allah menjelaskan, saqar adalah neraka yang panas membakar. Calon penghuni neraka ini adalah orang sombong dan mendustakan Al Quran, tidak pernah sholat, dan enggan memberi makan orang miskin.
6. Neraka jahim
Arti kata jahim adalah tempat yang sangat panas. Neraka ini dijelaskan sebagai tempat dengan api yang besar di sebuah jurang atau lubang, sehingga tak heran terasa sangat panas.
7. Neraka wail
Penghuni neraka wail adalah mereka yang lalai dalam salat, terlena urusan duniawi, dan mengabaikan panggilanNya. Kelompok lain yang bisa menghuninya adalah pelaku riya’ dan curang.
8. Neraka hawiyah
Makna hawiyah adalah jatuh dari tempat paling tinggi ke tempat paling rendah. Dengan makna seperti itu, tidak diketahui seberapa dalam neraka hawiyah, hingga disebut yang paling rendah.

Check Also

Apa arti Tauhid?

Apa arti Tauhid? Jawaban: Tauhid adalah aqidah bawaan manusia, dimana menjadikan sesuatu menjadi saru saja. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.