Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi?

Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi?

Jawaban :

Soekarno, Mohammad Hatta, Suwiryo, Muwardi, Latief Hendraningrat, Suhud, dan SK Trimurti.

Pembahasan :

Pada tanggal 17 Agustus 1945, teks proklamasi di bacakan sebagai tanda kemerdekaan Indonesia. Pembacaan teks proklamasi dilaksanakan di halaman rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. Ada beberapa tokoh yang menghadiri pembacaan teks proklamasi, yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, Suwiryo, Muwardi, Latief Hendraningrat, Suhud, dan SK Trimurti.
Berikut ini peran dan tugas dari tokoh yang mengadiri pembacaan teks proklamasi:
1. Soekarno
Sukarno adalah tokoh yang membuat dan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
2. Mohammad Hatta
Mohammad Hatta adalah salah satu dari tiga orang yang menyusun teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, ia hadir pada 17 Agustus 1945 sebagai pendamping Soekarno dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
3. Suwiryo
Suwiryo sebagai Wali Kota Jakarta Raya tahun 1945 bertugas untuk memastikan acara hari itu dapat berjalan dengan aman dan lancar.
4. Muwardi
Muwardi bertanggung jawab untuk memastikan bahwa para pemimpin serta lokasi pembacaan teks proklamasi aman dan jauh dari kericuhan.
5. Latief Hendraningrat
Latief Hendraningrat bertugas menaikkan atau menjadi pengibar bendera merah putih pertama kalinya setelah pembacaan teks proklamasi.
6. Suhud
Suhud ikut bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih bersama dengan Latief Hendraningrat.
7. SK Trimurti
SK Trimurti adalah istri dari Sayuti Melik, sang juru ketik naskah proklamasi. Trimurti secara tidak langsung menjadi pengibar Bendera Merah Putih.

Jadi, tujuh tokoh yang hadir dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah Soekarno, Mohammad Hatta, Suwiryo, Muwardi, Latief Hendraningrat, Suhud, dan SK Trimurti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.