Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif Tuliskan ciri-ciri kalimat efektif

Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif Tuliskan ciri-ciri kalimat efektif …

Jawaban :

Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pesan, ide, gagasan, atau informasi secara jelas dan tepat sehingga pembaca/pendengar dapat memahami maksud penulis/pembicara.

Ciri-ciri kalimat efektif adalah

(1) Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur;

(2) Memiliki subjek dan predikat yang jelas;

(3) Tidak memiliki subjek ganda yang dapat membuat kalimat menjadi tidak fokus;

(4) Tidak meletakkan kata ‘yang’ sebelum predikat;

(5) Memiliki bentuk yang paralel;

(6) Kalimat efektif hemat dalam penggunaan kata dan menghindari kata-kata yang tidak diperlukan;

(7) Kalimat efektif tidak mengandung pengulangan subjek;

(8) Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat;

(9) Memperhatikan kata jamak;

(10) Kalimat efektif memperhatikan pemilihan kata-kata; dan

(11) Bahasa yang digunakan pada kalimat efektif harus logis.

Pembahasan :

Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pesan, ide, gagasan, atau informasi secara jelas dan tepat sehingga pembaca/pendengar dapat memahami maksud penulis/pembicara.

Ciri-ciri kalimat efektif sebagai berikut.
1. Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur, yaitu keseimbangan antara gagasan dengan struktur yang digunakan.
2. Memiliki subjek dan predikat yang jelas. Agar subjek dan predikat menjadi jelas hendaknya menghindari penggunaan kata depan sebelum penyebutan subjek.
3. Tidak memiliki subjek ganda yang dapat membuat kalimat menjadi tidak fokus. Hal ini mengakibatkan kesulitan untuk memahami makna kalimat.
4. Tidak meletakkan kata ‘yang’ sebelum predikat.
5. Memiliki bentuk yang paralel. Artinya, jika bentuk pertama menggunakan kata kerja, bentuk selanjutnya juga harus menggunakan kata kerja.
6. Kalimat efektif hemat dalam penggunaan kata dan menghindari kata-kata yang tidak diperlukan.
7. Kalimat efektif tidak mengandung pengulangan subjek. Subjek hanya perlu disebutkan sebanyak satu kali dalam satu kalimat.
8. Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat.
9. Memperhatikan kata jamak. Jika sudah terdapat satu kata bermakna jamak, tidak perlu menambahkan lagi kata lain yang bermakna jamak.
10. Kalimat efektif memperhatikan pemilihan kata-kata agar tidak menimbulkan makna ganda.
11. Bahasa yang digunakan pada kalimat efektif harus logis agar ide atau gagasan pada kalimat dapat diterima oleh pembaca/pendengar.

Dengan demikian, kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pesan, ide, gagasan, atau informasi secara jelas dan tepat sehingga pembaca/pendengar dapat memahami maksud penulis/pembicara. Ciri-ciri kalimat efektif adalah (1) Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur; (2) Memiliki subjek dan predikat yang jelas; (3) Tidak memiliki subjek ganda yang dapat membuat kalimat menjadi tidak fokus; (4) Tidak meletakkan kata ‘yang’ sebelum predikat; (5) Memiliki bentuk yang paralel; (6) Kalimat efektif hemat dalam penggunaan kata dan menghindari kata-kata yang tidak diperlukan; (7) Kalimat efektif tidak mengandung pengulangan subjek; (8) Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat; (9) Memperhatikan kata jamak; (10) Kalimat efektif memperhatikan pemilihan kata-kata; dan (11) Bahasa yang digunakan pada kalimat efektif harus logis.

Tinggalkan komentar