Apa yang dimaksud dengan paragraf

Apa yang dimaksud dengan paragraf …

Jawaban :

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat dalam sebuah karangan dengan satu ide pokok atau gagasan utama sebagai inti pembahasannya.

Pembahasan :

Makna adalah arti yang dimiliki sebuah kata. Makna kata dapat ditemukan melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, paragraf adalah alinea atau bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru).

Ciri-ciri paragraf, yaitu:
a) memiliki gagasan utama dan kalimat utama,
b) memiliki gagasan penjelas yang menjelaskan gagasan utama,
c) memiliki alinea, dan
d) terdiri atas minimal tiga kalimat.

Contoh paragraf nonfiksi adalah sebagai berikut.
Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.
Contoh tersebut merupakan paragraf karena memiliki gagasan utama dan kalimat utama yang terdapat pada kalimat (1), yaitu “Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji.” Selain itu, paragraf tersebut terdiri atas empat kalimat yang melebihi batas minimal kalimat paragraf.

Dengan demikian, paragraf adalah susunan beberapa kalimat dalam sebuah karangan dengan satu ide pokok atau gagasan utama sebagai inti pembahasannya.

Tinggalkan komentar