Informasi apa saja yang disampaikan dalam teks tersebut?

Memahami Isi Teks LHO
Semangka Buah yang Menyehatkan Jantung
Buah semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Buah yang banyak airnya ini mempunyai khasiat sehat.
Buah lezat yang biasanya dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari, selain itu juga sebagai antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
Buah semangka mempunyai kandungan air sebanyak 92 persen sehingga dapat membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh atau badan dari kerusakan oleh radikal bebas serta dapat membantu penyerapan zat besi.
Semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Informasi apa saja yang disampaikan dalam teks tersebut?

Jawaban :

Informasi yang disampaikan dalam teks tersebut adalah buah semangka memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh yaitu antioksidan bermanfaat untuk memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari dan sebagai antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah, kandungan air yang banyak dapat membantu kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan tubuh, kalori yang rendah sehingga tak membuat gemuk, vitamin C bermanfaat membuat kulit bebas kerut, dan vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Penjelasan :

Teks laporan hasil observasi atau sering disingkat menjadi teks LHO adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, sosial, budaya, atau ekosistem tertentu. Informasi merupakan suatu penjelasan,penjabaran dan juga penegasan suatu berita.

Teks di atas menjelaskan tentang kandungan buah semangka dan khasiatnya bagi tubuh. Informasi yang disampaikan dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.
1. Buah semangka memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, yaitu antioksidan bermanfaat untuk memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari dan sebagai antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
2. Kandungan air sebanyak 92 persen dapat membantu kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan tubuh.
3. Kandungan kalori yang rendah.
4. Kandungan vitamin C bermanfaat membuat kulit bebas kerut, vitamin A juga bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Dengan demikian, informasi yang disampaikan dalam teks tersebut adalah berbagai kandungan pada buah semangka dan khasiatnya bagi tubuh.

Tinggalkan komentar