Mengapa teks di atas digolongkan sebagai teks laporan hasil observasi?

Memahami Isi Teks LHO
Semangka Buah yang Menyehatkan Jantung
Buah semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Buah yang banyak airnya ini mempunyai khasiat sehat.
Buah lezat yang biasanya dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari, selain itu juga sebagai antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
Buah semangka mempunyai kandungan air sebanyak 92 persen sehingga dapat membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh atau badan dari kerusakan oleh radikal bebas serta dapat membantu penyerapan zat besi.
Semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Mengapa teks di atas digolongkan sebagai teks laporan hasil observasi?

Jawaban :

Teks di atas digolongkan sebagai teks laporan hasil observasi karena teks tersebut tersusun secara sistematis, membahas semangka sebagai objek dan kandungan serta khasiatnya bagi tubuh, berisi fakta yang berkaitan dengan khasiat buah semangka bagi tubuh, bahasa yang digunakan teks tersebut yaitu bahasa baku, seperti kata “antiradang” dan “antioksidan”.

Penjelasan :

Teks laporan hasil observasi atau sering disingkat menjadi teks LHO adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Disusun secara sistematis
Teks ini disusun secara berurutan sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi. Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat.
2. Penjelasan dari sudut pandang keilmuwan
Teks laporan hasil observasi menyajikan data dari hasil pengamatan yang benar-benar ada atau sesuai fakta. Data-data yang ada pada teks tersebut harus bisa dibuktikan secara ilmiah.
3. Berisi pembahasan objek atau situasi tertentu
Teks laporan hasil observasi berisi informasi mengenai suatu objek atau situasi tertentu yang dibahas secara umum. Objeknya bisa beraneka ragam, misalnya makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, atau hal lainnya, seperti ekosistem, sosial, dan budaya.
4. Terdapat perincian bagian suatu objek
Perincian bagian atau objek yang ditulis dalam teks laporan hasil observasi ini berupa klasifikasi dan informasi ciri-ciri objek. Misalnya pengamatan tentang pertumbuhan kacang hijau. Maka, ciri-ciri objeknya itu bisa berupa tumbuhan jenis polong-polongan yang hidup di wilayah tropis, batangnya berbulu, berwarna hijau dan kecoklatan.
5. Teks disusun dengan bahasa baku dan jelas
Teks laporan hasil observasi harus ditulis menggunakan bahasa yang baku karena merupakan tulisan ilmiah. Jadi, pembaca bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks tersebut merupakan teks hasil observasi karena teksnya tersusun secara sistematis, membahas objeknya berupan semangka serta khasiatnya bagi tubuh, berisi fakta yang berkaitan dengan khasiat buah semangka bagi tubuh, bahasa yang digunakan teks tersebut yaitu bahasa baku, seperti kata “antiradang” dan “antioksidan”.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.