Cara Cepat Belajar Memperbaiki TV CRT Bagi Pemula

Cara Cepat Belajar Memperbaiki TV CRT Bagi Pemula

Cara Cepat Belajar Memperbaiki TV CRT Bagi Pemula – Pemahaman dasar dari menservis TV CRT yaitu mengenal blok bagian kerja di TV CRT. Dulu saat saya memulai belajar memperbiki TV, berawal dari materi dasar dan kemudian saya memahami kerusakan yang saya cari diinternet. Ternyata saya kesulitan karena guru saya tidak menjelaskan letak blok bagian pada TV CRT. Misalkan mendapat kerusakan satu garis vertikal ditengah layar, kerusakan ini dialami oleh blok horizontal. Blok horizontal letaknya dimana ya?, jika benar benar pemula pasti tidak tau.

Oleh sebab itu solderpanas akan membahas letak dari masing masing blok bagian di TV CRT. Yang diperuntukan untuk pemula yang sedang belajar TV CRT. Bagi pembelajaran ini sangat penting untuk kedepannya memperbaiki TV lebih mudah dengan mengandalakan internet. Saat sudah tau blok mana yang perlu dioprek.

Cara Cepat Belajar Memperbaiki TV CRT Bagi Pemula

Supaya lebih mudah dalam memahaminya solderpanas menggunakan contoh mesin China dan TV POLYTRON U SLIM. karena mesin China dan Polytron sistem kerjanya sederhana sehingga mudah untuk dipahami bagi pemula. Selain itu saat ini kedua jenis mesin ini kerusakannya masih mendominasi.

Blok Power Supply

Untuk mengetahui mana jalur power supply kita lihat saja dari colokan. Diurut dan sampai keblok bagian power supply bagian primer. Kemudian sekunder. Apa sih primer dan sekunder?, sederhananya saya jelaskan, primer itu input sekunder itu output untuk lebih jelasnya lihat pada gambar. Pada blok primer biasanya bila terjadi kerusakan menyebabkan TV mati total atau sejenisnya. Sedangkan sekunder kerusakan sering didominasi dengan mati standbay atau TV mati total.

Blok Horizontal

Blok ini sering bermasalah dengan kerusakan yang sangat extreme, diblok ini perlu dipelajari secara intense karena berkaitan dengan tegangan tinggi. Letaknya biasanya tidak jauh dari komponen flyback, komponen aktifnya yakni transistor horisontal. Biasanya nempel dipendingin lebih jelasnya lihat digambar diatas.

Blok Vertikal

Gejala kerusakan yakni TV terdapat satu garis horizontal ditengah layar. Dimana letaknya yakni diblok bagian IC vertikal. Yang biasanya IC vertikal nempel dipendingin. Pada TV China rakitan biasanya pendinginnya menjadi satu dengan transistor horizontal sedangkan di TV Polytron terpisah memakai pendingin sendiri.

IC Utama

Blok ini biasanya menyebabkan sistem tidak bekerja. Letaknya ditandai dengan IC besar yang berkaki banyak. Lebih jelasnya lihat pada gambar.

IC Audio

Berfungsi untuk menguatkan audio yang dihasilkan oleh IC utama, untuk menandai letaknya coba urutkan dari kabel speaker. Itu akan lebih mudah.

Defleksi Yoke

Di bagian ini berhubungan langsung denga system kerja vertikal dan horisontal. Karena fungsinya sebagai pembisa cahaya atau penyebar cahaya sehingga dilayar dapat menampilkan gambar. Jika defleksi yoke rusak akan menyebabkan kerusakan dengan gejala layar yang bermasalah misal gambar menciut.

Blok Penguat Warna

Jika rekan melihat PCB menempel dibagian ujung tabung CRT itulah blok penguat video warna. Kerusakan warna pada TV terletak dibagian ini. Pada masing masing warna diperkuat oleh transistor yang disupply tegangan sekitar 180V yang berasal dari flyback.

Yang harus diperhatikan DEMI KESELAMATAN yairu jangan menyentuh COP flyback dalam keadaan TV menyala, bahkan saat mati sekalipun. Dibagian dalam COP flyback masih menyimpan muatan tegangan tinggi. Sebab itu pelajari bagaiman cara membuang tegangan sisa muatan tegangan tinggi.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Cepat Belajar Memperbaiki TV CRT Bagi Pemula. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih  telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.