TV TCL Layar Hanya Muncul Satu Garis Horizontal

TV TCL Layar Hanya Muncul Satu Garis Horizontal

TV TCL Layar Hanya Muncul Satu Garis Horizontal – Kali ini saya mendapatkan servis tentang TV TCL ukuran 21 inci dengan kerusakan TV hanya terlihat satu garis horizontal. Atau saat dinyalakan hanya menampilkan satu garis di tengah layar dari samping kiri ke kanan.

TV TCL biasanya mempunyai system protek di beberapa titik, tapi pada kerusakan kali ini tidak ada tanda tanda protek. Ini sangat mudah dalam perbaikikan TV secara langsung. Dengan kata lain, kita dapat memperbaiki TV tanpa harus mencari pin protek terlebih dahulu.

TV TCL ini masih memakai layar cembung, kemungkinan TV ini keluaran lama yang mempunyai perbedaan dengan TV TCL layar datar yang mempunyai sistem protek.

TV TCL tersebut memakai IC vertikal SCT9302.

Supply IC vertikal biasanya kisaran 24 sampai 27V DC. Pada TV TCL ini supply vertikal diambil dari flyback bukan dari regulator sekunder.

TV TCL Layar Hanya Muncul Satu Garis Horizontal

Berikut cara memperbaikinya  :

Langkah memperbaiki TV TCL layar hanya muncul satu garis horizontal

Pertama lihat fisik komponen dan solderan kaki, ini sangat penting karena beberapa kasus kerusakan pada TV yang saya alami. Dengan melihat fisik komponen sudah menyelesaikan masalah. Itu menjadi kabar baik jika sudah melihat fisik komponen terdapat tanda kerusakan komponen misal resistor terbakar, elco bocor, elco meledak dan mengembung, dan lain.

Pengukuran tegangan

Kedua yaitu pengukuran tegangan. Hasil pengukuran tegangan IC vertikal dari kaki didapat 5V saja. Tapi kemudian setelah dihidupkan ada kanehan tegangan pada IC vertikal yakni tegangan IC vertikal tiba tiba naik menjadi 20V dan kadang drop ke 10V.

Mengingat pengalaman dari TV merek lainnya saat menemukan kerusakan dengan gejala kadang tegangan vertikal naik dan turun. Karena sebuah dioda area vertikal atau dioda yang mengarah ke kaki IC vertikal. Sebelumnya pernah saya alami pada TV China tapi bedanya kerusakan pada TV China gambar awalnya normal tapi setelah kemudian TV langsung menampilkan satu garis horizontal.

Baca Juga :  Kode remote TV LG,Tabung,LCD,dan LED Terlengkap

Pada TV TCL ini dioda yang dimaksud adalah D301, dioda ini mengarah ke 6 kaki pada IC SCT 9302. Selain dioda, penggantian juga pada elco C305 dan C302 karena kemungkinan tegangan naik dan turun juga karena elco C305 dan C302.

Dan benar, setelah mengganti D301 dan elco C305, C302 TV TCL ini layarnya bisa membuka dengan normal.

Terkadang permasalahan TV lain dapat menjadi acuan ketika menangani TV lain untuk menjadi bahan pertimbangan dan refrensi dan menjadi kisi kisi pemecah masalah. Kerusakan TV TCL satu garis horizontal ini saya mengacu permasalahan TV China jenis WCOM atau TV rakitan lainnya. Jadi jam terbang sangat membantu mengatasi permasalahan yang akan datang di kemudian hari.

Itu saja tentang TV TCL Layar Hanya Muncul Satu Garis Horizontal, sekian dan terimakasih.