Setelah kalian baca teks tersebut, tuliskan amanat cerita tersebut

Bacalah teks fiksi berikut ini!
Hari Minggu yang lalu, aku dan Davi memanfaatkan waktu untuk bermain playstation di salah satu tempat rentan, dekat perempatan jalan. Jarak tempat sewa tersebut dengan rumahku hanya berkisar beberapa puluh meter saja. Setelah bermain 1 jam, aku dan Davi memutuskan untuk pulang, selain itu hari juga sudah menunjukkan pukul 13.00 dan perutpun mulai lapar. Di perjalanan, tiba-tiba saja Davi melihat sebuah dompet yang tercecer di tepi jalan Akhirnya dompet tersebut kami bawa pulang dan simpan baik-baik. Selain menunggu pemilik aslinya, tujuan kami mengambil dompet tersebut juga untuk menyelamatkannya dari orang yang berniat jahat atau ingin mencuri dan memanfaatkan uang didalamnya. Keesokan harinya, aku dan Davi kembali mengunjungi tempat tersebut sembari menunggu orang yang bertanya. Namun setelah menunggu beberapa jam, tidak ada satupun orang yang terlihat kehilangan dompet. Tidak lama kemudian, tiba-tiba ada mobil pribadi berhenti di dekat kami. Setelah turun dari mobil, tanpa basa-basi dia langsung bertanya ke kami perihal dompet yang tercecer. Lalu kami pun menanyakan ciri-ciri dompet yang tercecer kepada pemilik mobil tersebut. Pemilik mobil tersebut menyebutkan ciri-ciri dompet. Ternyata ciri-cirinya sama dengan dompet yang kami temukan kemarin. Seketika itu juga kami mengembalikan dompet itu kepada pemiliknya.

Setelah kalian baca teks tersebut, tuliskan amanat cerita tersebut

Jawaban :

Amanat yang terdapat pada teks fiksi tersebut adalah “Hendaklah kita bersikap jujur dan mengembalikan apapun yang bukan milik kita.”

Pembahasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cerita fiksi merupakan sebuah karangan yang berasal dari ide atau gagasan yang berisi kisah-kisah yang tidak sebenarnya (khayalan atau fiktif). Cerita fiksi bersifat rekaan dan merupakan hasil imajinasi penulisnya.

Salah satu unsur intrinsik teks fiksi ialah amanat. Amanat merupakan pesan yang terkandung dalam suatu cerita.

Berdasarkan penjelasan di atas, amanat yang terdapat pada teks fiksi tersebut adalah “Hendaklah kita bersikap jujur dan mengembalikan apapun yang bukan milik kita.” Hal tersebut dapat dibuktikan pada kutipan “Ternyata ciri-cirinya sama dengan dompet yang kami temukan kemarin. Seketika itu juga kami mengembalikan dompet itu kepada pemiliknya.”

Dengan demikian, amanat yang terdapat pada teks fiksi tersebut adalah “Hendaklah kita bersikap jujur dan mengembalikan apapun yang bukan milik kita.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.