Apa judul bacaan pada teks yang disajikan?

Bacalah teks bacaan berikut dengan cermat!
Komunitas Peduli Daerah Aliran Sungai (DAS) menggelar aksi tanam 200 pohon jenis Kataping dan Cemara, serta pelepasan sebanyak 100 ekor Tukik di kawasan air Bengkulu dan kawasan Pantai Pasar Bengkulu, Kota Bengkulu, Minggu (23/6/2019).
Koordinator Komunitas Peduli DAS Bengkulu, Joni Irawan mengatakan, aksi tanam pohon merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekaligus kampanye untuk mengajak masyarakat peduli, terutama di daerah aliran sungai.
Ditambahkan Joni Irawan, kegiatan kali ini mengusung tema “Pulihkan Daerah Aliran Sungai Air Bengkulu”, dengan nama kegiatan Camping Ground, dan dilaksanakan dua hari, yakni Sabtu dan Minggu 22-23 Juni 2019 berlokasi di kawasan muara DAS air Bengkulu (Pantai Tahu).
Kegiatan itu selain diikuti oleh Komunitas Peduli DAS juga dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Bengkulu, Sorjum Ahyan dan jajarannya.
“Kami sampaikan terimakasih kepada Komunitas Peduli DAS yang telah menginisiasi kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama mengkampanyekan kegiatan peduli lingkungan seperti ini, terutama di daerah aliran sungai,” kata Sorjum dalam sambutannya.

Apa judul bacaan pada teks yang disajikan?

Jawaban :

Judul bacaan pada teks tersebut adalah “Aksi Tanam Pohon dan Pelepasan 100 Tukik sebagai Bentuk Peduli Lingkungan”.

Pembahasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), judul merupakan kepala karangan sebuah cerita atau nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab tersebut.

Cara membuat judul yang baik sebagai berikut.
1. Memilih diksi yang mewakili keseluruhan isi teks yang dibahas.
2. Memilih diksi yang sesuai dengan tema pada teks.
3. Memilih diksi yang singkat, padat, dan jelas.
4. Memilih diksi yang menarik perhatian pembaca.
5. Membuat judul menggunakan istilah atau akronim.

Berdasarkan penjelasan di atas, judul yang tepat untuk teks tersebut adalah “Aksi Tanam Pohon dan Pelepasan 100 Tukik sebagai Bentuk Peduli Lingkungan”. Judul tersebut sesuai dengan tema dan kegiatan yang dilakukan, yaitu penanaman 200 jenis ketapang dan cemara serta pelepasan 100 ekor tukik di kawasan air Bengkulu. Hal itu dapat dibuktikan pada kutipan “Komunitas Peduli Daerah Aliran Sungai (DAS) menggelar aksi tanam 200 pohon jenis Katapang dan Cemara, serta pelepasan sebanyak 100 ekor Tukik di kawasan air Bengkulu dan kawasan Pantai Pasar Bengkulu, Kota Bengkulu, Minggu (23/6/2019).”

Dengan demikian, judul bacaan pada teks tersebut adalah “Aksi Tanam Pohon dan Pelepasan 100 Tukik sebagai Bentuk Peduli Lingkungan”.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …