Tuliskan kesimpulan dari dua paragraf tersebut

Menurut dokter Nazir yang menangani Sarnata, kondisi Sarnata sudah sangat parah saat
dibawa ke rumah sakit. “Leptospirosis pada Sarnata tergolong sudah berat karena sudah menyerang ginjal dan liver,” jelasnya. Selain itu, otaknya pun sudah terganggu karena iasudah sulit berkomunikasi.
Nazir menjelaskan gejala awal leptospirosis adalah demam tinggi, mual, muntah, dan
pusing terutama di bagian depan kepala, dan pegal-pegal terutama pada betis, pinggul, dan
perut. Dalam kondisi yang parah, penyakit ini dapat menimbulkan gangguan pada fungsi
liver, ginjal, otak, dan paru-paru, dengan gejala mata berwarnakuning, air seni berwama merah, dan terganggunya kesadaran.

Tuliskan kesimpulan dari dua paragraf tersebut ….

Jawaban :

Penyakit leptospirosis yang parah dapat menimbulkan gangguan pada fungsi liver, ginjal, otak, dan paru-paru, dengan gejala mata berwarnakuning, air seni berwama merah, dan terganggunya kesadaran.

Penjelasan :

Simpulan adalah inti suatu paragraf. Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Langkah-langkah merumuskan simpulan sebagai berikut.
1. membaca keseluruhan isi teks
2. mencatat bagian-bagian penting isi teks
3. memahami hubungan logis antarbagian penting teks
4. merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas

Penulis pada teks tersebut membahas penyakit leptospirosis pada Sarnata yang tergolong sudah berat karena sudah menyerang ginjal dan liver. Tidak hanya itu, otaknya pun sudah terganggu karena ia sudah sulit berkomunikasi. Gejala awal leptospirosis adalah demam tinggi, mual, muntah, dan pusing terutama di bagian depan kepala, dan pegal-pegal terutama pada betis, pinggul, dan perut. Dalam kondisi yang parah, dapat menimbulkan gangguan pada fungsi liver, ginjal, otak, dan paru-paru, dengan gejala mata berwarnakuning, air seni berwama merah, dan terganggunya kesadaran.

Dengan demikian, penyakit leptospirosis yang parah dapat menimbulkan gangguan pada fungsi liver, ginjal, otak, dan paru-paru, dengan gejala mata berwarnakuning, air seni berwama merah, dan terganggunya kesadaran.

Tinggalkan komentar