Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik

Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik – Selain overheating, permasalahan pada mesin mobil yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil atau pengemudi yaitu bunyi mesin mobil ngletik atau bahasa otomotifnya knocking. Dan gejala mesin mobil ngelitik ini tidak hanya di alami oleh mobil bekas saja namun juga di alami mobil baru,karena mesin mobil yang ngelitik ini penyebabnya bukan karena terjadinya problem pada komponen mesin melainkan terdapat beberapa hal yang keliru.

Cara paling mudah untuk mengetahui mesin mobil mengelitik yaitu dengan cara menginjak pedal gas dengan cepat maka akan keluar bunyi ngelitik tersebut dan memang tidak bisa dipungkiri hal tersebut cukup mengganggu ditelinga. Dan biasanya suara ngelitik tersebut akan semakin terasa dan keras jika kita menginjak pedal rem lebih dalam atau pada kecepatan mobil yang tinggi jika posisi transmisi kita yang masukan tidak seimbang dengan tarikan gas.

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

Dan bicara mengenai penyebab mesin mobil ngelitik tentu saja banyak penyebabnya, hanya saja kebanyakan orang menganggap bahwa penyebab mesin mobil ngelitik yaitu penggunaan bahan bakar yang memiliki kualitas rendah. Mungkin hal tersebut benar, tapi tidak semua mesin mobil ngelitik ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar berkualitas rendah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa Penyebab Mesin Mobil Ngelitik yang bisa sobat ketahui.

Sensor MAP Lemah

Penyebab mesin mobil ngelitik pertama yaitu sensor MAP lemah, untuk yang belum mengetahui apa itu MAP yaitu alat atau komponen yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara pad intake manifold. Jika sensor MAP lemah secara otomatis asupan udara yang masuk ke ruang bahan bakar akan berkurang. Jika terjadi hal tersebut maka sistem bahan bakar pada mesin tidak sempurna sehingga terjadi bunyi ngelitik pad mesin.

Tekanan Kompresi Tinggi

Penyebab mesin mobil ngelitik yang kedua yaitu tekanan kompresi yang tinggi, perlu diketahui tekanan kompresi yang terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan spesifikasi esin mengakibatkan mesin mobil ngelitik. Karena tekanan kompresi yang tinggi akan membuat katup tidak terbuka dengan sempurna yang menyebabkan karet klep menjadi kotor sehingga timbul suara ngelitik dari mesin.

Saringan Bahan Bakar Kotor

Selain sensor MAP yang lemah dan tekanan kompresi tinggi, Penyebab mesin mobil ngelitik yang selanjutnya yaitu saringan bahan bakar yang kotor. Meskipun kelihatan sepele namun jika hal tersebut dibiarkan maka tidak mungkin mesin bisa mengalami kerusakan yang lebih parah.

Kualitas Bahan Bakar Dibawah Standar

Dan penyebab mesin mobil ngelitik yang terakhir yaitu penggunaan bahan bakar yang dibawah standar. Maksud dari penggunaan bahan bakar dibawah standar ini yaitu oktan bahan bakar yang digunakan dibawah standar rekomendasi dari pabrikan.

Itulah beberapa Penyebab mesin mobil ngelitik yang bisa sobat ketahui, terus bagiamana untuk mengatasi mesin mobil ngelitik? Pastinya untuk mengatasi mesin mobil ngelitik, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari mesin mengelitik. Lebih jelasnya, berikut ini Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik yang bisa sobat lakukan.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik

Cara mengatasi mesin mobil yang mengelitik yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, pada ulasan diatas dijelaskan bahwa ada 4 penyebab mesin mobil ngelitik. Yang mana setiap penyebabnya memiliki cara mengatasinya masing masing. Misalkan saja untuk penyebab karena penggunaan kualitas bahan bakar dibawah standar, cara mengatasinya dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Misalkan jika mobil sobat harus menggunakan bahan bakar dengan oktan 92, maka bahan bakar yang digunakan tidak boleh dibawah oktan tersebut.

Kemudian untuk cara mengatasi mesin mobil ngelitik karena saringan bahan bakar yang kotor yaitu dengan membersihkan saringan bahan bakar tersebut. Adapun cara membersihkannya cukup menyemprotkan saringan bahanb bakar dengan menggunakan kompresor. Sementara untuk mengatasi mesin mobil ngelitik yang disebabkan tekanan kompresi yang terlalu tinggi, maka cara mengatasinya yaitu dengan menyeting atau mengatur ulang kompresi pada mesin tersebut agar normal kembali.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda terkait Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik, semoga saja dengan adanya ulasan informasi tersebut membuat sobat lebih paham dalam merawat mesin mobil supaya selalu awet. Sebenarnya inti mesin mobil awet yaitu perawatan yang teratur dan penggunaan yang secara baik.

Sekian yang Solderpanas sampaikan dan terimakasih.

Check Also

Beberapa Penyebab Mesin Mobil Panas Atau Overheat

Beberapa Penyebab Mesin Mobil Panas Atau Overheat

Penyebab Mesin Mobil Panas | kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab mesin mobil panas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.