Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem Dengan Mudah

Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem – Berhubung banyaknya pengunjung Solderpanas menanyakan kepada admin terkait permasalahan rem tromol kurang pakem, untuk menjawab pertanyaan dari pengunjung, di kesempatan ini admin akan menjelaskan bagiamana Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem dengan mudah dan cepat yang bisa sobat lakukan apabila motor kesayangannya bermasalah pada rem tromol yang kurang pakem. Penasaran seperti apa caranya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Sebagaimana yang sobat ketahui, pada sepeda motor terdapat dua jenis rem yaitu rem cakram dan rem tromol. Pada umumnya rem tromol ini di tempatkan pada bagian belakang, sementara untuk rem cakram di tempatkan pada bagian depan. Adapun tujuan dari rem tromol di letakan pada bagian belakang yaitu untuk mengimbangi rem cakram pada saat motor berhenti secara mendadak. Karena cengkraman pada rem tromol tidak sekuat rem cakram.

Dengan Fungsi Rem Tromol yang begitu penting pada sistem pengereman motor, sudah sewajarnya jika pemilik motor untuk selalu menjaga dan merawat rem tromol agar memiliki kinerja yang baik sehingga berkendara pun akan semakin aman. Karena tidak di pungkiri, rem tromol juga memiliki permasalahan yang seringkali membuat berkendara kurang aman dan nyaman. Rem tromol kurang pakem merupakan salah satu permasalahan yang seringkali terjadi sehingga kinerja dari rem tromol kurang baik untuk daya cengkramnya.

Dengan kondisi rem tromol kurang pakem tentu akan membuat berkendara tidak aman, karena sistem pengereman tidak optimal. Banyak penyebab yang membuat rem tromol kurang pakem, dari kampas rem yang sudah tipis atau habis sampai setingan baud pada pedal rem yang sudah kendor juga termasuk penyebab terjadinya sistem pengereman tromol kurang pakem. Dan jika hal tersebut dibiarkan maka akan berakibat pada rem yang blong dan tentu sangat membahayakan.

Cara Memperbaiki/Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem

Terus bagaimana Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem? sebenarnya untuk memperbaiki rem tromol yang kurang pakem cukup mudah. Hanya saja untuk bisa memperbaikinya, sobat perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini Cara Mengatasi Rem Tromol Kurang Pakem yang bisa dipraktekan.

Mengganti Kampas Rem

Cara memperbaiki kampas rem tromol kurang pakem pertama yang bisa dilakukan yaitu mengganti kampas rem, karena kampes rem yang sudah tipis salah satu penyebab rem tromol yang kurang pakem. Sebelum mengganti kampas rem, alangkah baiknya jika sobat mengecek terlebih dahulu kampas rem masih bagus apa memang sudah tipis. Jika memang sudah tipis baru dilakukan pergantian.

Gosok Kampas Dengan Amplas

Jika saat mengecek kampas rem ternyata kondisi kampas rem masih tebal, berarti langkah yang perlu sobat lakukan untuk mengatasi rem tromol kurang pakem yaitu dengan menggosok kampas rem dengan menggunakan amplas. Adapun bagian kampas yang perlu di amplas yaitu pada bagian luar sampai menyerupai kondisi amplas yang baru. Kemudian tromol bersihkan dari debu, kotoran dan oli.

Setting Tuas Rem

Selain mengganti kampas rem dan menggosok kampas dengan amplas, cara mengatasi rem tromol kurang pakem yaitu dengan melakukan modifikasi atau seting pada tuas rem. Caranya yaitu dengan memanjangkan tuas rem kebelakang sehingga cengkraman akan lebih responsif dan cepat.

Olesi Tromol Dengan Sabun Colek

Dan cara yang terakhir yaitu dengan mengolesi bagian dalam tromol dengan menggunakan sabun colek. Mungkin hal ini cukup aneh, akan tetapi cara tersebut cukup akurat dan efektif. Sebab dengan mengolesi bagian dalam tromol dengan sabun colek akan membuat tromol tidak licin.

Demikianlah ulasan terkait cara mengetasi kampas rem tromol kurang pakem yang bisa kami sampaikan kepada sobat. Semoga saja dengan adanya pembahasan artikel diatas, sobat bisa mengatasi permasalahan rem tromol yang kurang pakem pada motor kesayangannya.

Tinggalkan komentar