Inilah Cara untuk Memperbaiki Remote TV yang Tidak Merespon

Inilah Cara untuk Memperbaiki Remote TV yang Tidak Merespon

Inilah Cara untuk Memperbaiki Remote TV yang Tidak Merespon – Jika remote TV kalian rusak, jangan langsung kalian buang. Siapa tahu remotenya masih bisa diperbaiki. Jika sudah coba diganti baterai tetapi tetap tidak bisa terhubung dengan televisi. Itu tandanya ada masalah teknis pada remote kalian. Biasanya, permasalahan ini terjadi ketika remote sudah usang atau tidak sengaja terjatuh dari ketinggian yang cukup parah.

Jika sudah begini, maka mau tidak mau remote harus direparasi supaya kembali berfungsi. Jadi, ada beragam cara untuk memperbaiki remote TV yang tidak merespon. Apa sajakah yang harus dipersiapkan? Simak selengkapnya berikut ini!

 

Penyebab Remote Rusak

Sebelum membahas tentang cara untuk memperbaiki remote TV yang tidak merespon, sebaiknya kita pelajari dulu penyebab kerusakannya. Pada ulasan di atas tadi sudah dijelaskan bahwa penyebabnya bisa jadi dua alasan, yaitu umur remote dan kerusakan karena benturan. Akan tetapi, adapun juga penyebab-penyebab lainnya yang harus kalian perhatikan.

Berikut adalah penyebab remote rusak:

  • Baterai habis: sebelum memperbaiki remote TV, kalian pastikan dulu bahwa kalian sudah mengecek masa kinerja baterai.
  • Sensor pada remote terhalang: biasanya ini terjadi pada remote yang sudah usang dan berdebu.
  • Besi penghantar baterai sudah berkarat: masalah ini menghalangi saluran energi ke remote, jadi mesinnya tidak bisa berfungsi sama sekali.
  • Sensor tidak berguna: sensor remote yang rusak bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa alatnya tidak bisa dipakai.

 

Cara untuk Memperbaiki Remote TV yang Tidak Merespon

1. Ganti Baterai

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab remote tidak merespon adalah baterainya yang habis. Tapi terkadang, baterai yang baru diganti juga bisa menjadi penyebab di balik kerusakan remote.

✅Baca Juga :  Kode Remote TV Universal Semua Merek TV

Bisa saja remote TV tidak menerima jenis baterai yang kalian gunakan, sehingga remote tidak dapat terhubung pada TV. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti baterai remote sebelum membongkar alat penghubung ini.

Pilihlah beberapa merek baterai dan coba gunakan pada remote. Perlu kalian ketahui, bahwa baterai jenis AA adalah yang terbaik untuk remote TV LED atau LCD.

 

2. Bersihkan Besi Penghantar Baterai

Cara untuk memperbaiki remote TV yang tidak merespon selanjutnya yaitu dengan membersihkan besi penghantar baterai. Besi ini berada pada bagian belakang remote TV, tepatnya ada pada tempat pemasangan baterai.

Bentuknya mirip seperti per dengan ujung yang melancip. Dikarenakan materialnya yang terbuat dari besi, bagian ini bisa berkarat lebih cepat jika dibandingkan dengan bagian remote lainnya.

Bersihkan menggunakan cairan pembersih kawat yang dituangkan pada kapas. Kemudian lap secara pelan-pelan agar cairan pembersih tidak merembes masuk ke dalam remote.

 

3. Reset Setting Remote

Ada kalanya kita sedang sial dan secara tidak sengaja mengunci sistem remote TV. Biasanya permasalahan ini terjadi pada TV bersistem modern, seperti Android TV dan smart TV. Jika kalian mengalami masalah yang sama, sudah waktunya kalian reset setting remote TV di rumah.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Nyalakan terlebih dahulu remote dengan menekan tombol “Power”.
  • Kemudian pilih tombol “Menu” lalu pilih opsi “Lock”.
  • Jika sudah, isi kata sandi yang diminta, lalu tekan “Enter”.
  • Setelah terbuka, tekan tombol “Mute” sebanyak 3 kali.
  • Setelah itu kalian akan diminta mengisi password baru untuk remote dan TV.
  • Isi kolom password baru lalu pilih “Done”.

 

4. Bersihkan Tombol Remote

Cara terakhir untuk memperbaiki remote TV yang tidak merespon yaitu dengan membersihkan tombol. Jika dibiarkan, tombol-tombol pada remote ini bisa menjadi sarang debu. Debu-debu itu akan masuk ke dalam mesin dan merusak kinerjanya.

✅Baca Juga :  Kode Remot TV Joker Untuk TV POLYTRON Layar TABUNG dan LED atau LCD

Sebelum masalah ini menimpa kalian, sebaiknya kalian rajin membersihkan remote TV beberapa minggu sekali. Jaga kebersihannya supaya sensor dan saluran energinya tetap terjaga dengan baik.

Dan itulah tadi Cara memperbaiki Remote TV yang tidak merespon. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.